Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Orangtua Perlu Menjelaskan Secara Psikologis pada Anak saat Akan Vaksin Covid-19

Perlu dijelaskan pada anak kenapa harus divaksinasi. Menurut Sari, anak harus diberi pemahaman kenapa perlu melakukan vaksinasi Covid-19

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Orangtua Perlu Menjelaskan Secara Psikologis pada Anak saat Akan Vaksin Covid-19
TRIBUN JATENG/HERMAWANHANDAKA
Sebanyak 3.253 Siswa SD mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang berlangsung di KRI Surabaya-591, Kamis (6/1/22). Untuk kelancaran serta keberhasilan pemberian vaksinasi anak, Koarmada II dan Dinas Kesehatan Kota Semarang menerjunkan sekitar 50 tenaga kesehatan profesional, gabungan dari Dinas Kesehatan Koarmada II, Balai Kesehatan Lanal Semarang. Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi serta satgas vaksinasi Semarang Kolonel laut (P) Sumarji Bimoaji meninjau vaksinasi secara langsung di KRI Surabaya-591. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pemerintah telah mengeluarkan program vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun beberapa waktu yang lalu.

Lantas apa yang perlu dipersiapkan orangtua sana anak-anak akan melakukan vaksin Covid-19?

Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro menyebutkan jika tidak ada persiapan khusus. Namun ada yang perlu diperhatikan betul.

"Sebenarnya tidak ada persiapan khusus pada anak saat akan melakukan vaksinasi. Yang penting kita harus menjelaskan secara psikologis pada anak," ungkapnya pada acara media briefing; “IDAI Menjawab Kegalauan Masyarakat tentang Vaksin Covid-19 pada Anak," secara daring, Sabtu (22/1/2021).

Baca juga: Ketua ITAGI Minta Masyarakat Pahami dan Mengenal Covid-19 Untuk Hadapi Pandemi

Perlu dijelaskan pada anak kenapa harus divaksinasi. Menurut Sari, anak harus diberi pemahaman kenapa perlu melakukan vaksinasi Covid-19.

Selain itu perlu diperhatikan asupan sebelum melakukan vaksin Covid-19. Misalnya makanan apa yang harus dikonsumsi. Pastikan juga anak cukup tidur.

BERITA TERKAIT

Dan untuk anak-anak yang memiliki kondisi khsusus seperti komorbid, diharuskan untuk minum obat. Sri pun menekankan untuk orangtua tidak perlu khawatir saat anak melakukan Covid-19.

"Saya kira itu hal yang biasa. Anak-anak sebetulnya sudah biasa mendapatkan vaksinasi di sekolah. Ibunya sudah paham betul apa yang dikerjakan," kata Sri menambahkan.

Baca juga: Sasar 57 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun, Rembang Targetkan Vaksinasi Anak Tuntas di Februari 2022

Sedangkan pada instansi terkait, misalnya Menteri Kesehatan, ITAGI dan Komnas KIPI mempersiapkan proses pelaksanaan vaksin Covid-19. Baik sebelum dan sesudah vaksin harus dipantau apa dirasakan.

"Kita juga melihat dan memantau, IDAI juga memberikan asupan kepada pemerintah apa saja ceklis yang harus ditanyakan. Apakah sudah demam, sudah pernah Covid-19, apa pernah kontak dan sebagainya," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas