Tribun

Musda KPPI Berjalan Lancar, Emma Yohanna Ajak Perempuan Berkontribusi Membangun Bangsa

Kerja sama dari semua pihak dibutuhkan agar ketercapaian 20 persen perempuan sebagai anggota dewan dapat tercapai.

Editor: Content Writer
Musda KPPI Berjalan Lancar, Emma Yohanna Ajak Perempuan Berkontribusi Membangun Bangsa
DPD RI
Musyawarah Daerah (Musda) ke-4 Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) digelar di Auditorium Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (5/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Penerima mandat KPPI Sumatera Barat Emma Yohanna berhasil melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-4 Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) sesuai prosedur dan kondusif di Auditorium Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (5/12/2021).

Dalam Musda tersebut, Armiati terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KPPI Sumbar periode 2021-2026. Armiati yang merupkakan kader PPP itu terpilih setelah melewati proses pemilihan dengan sistem pemilihan musyawarah mufakat.

"Kami sudah berhasil melaksanakan musda dengan aman dan lancar. Sebenarnya ada empat calon ketua. Namun di tengah perjalanan tiga orang calon seperti, Yasnida Syamsudin, Endarmy dan Ida, mundur. Sebab mereka lebih mengedepankan musyawarah mufakat dan memberi ruang untuk Armiati maju sebagai ketua KPPI Sumbar periode 2021 - 2026," ucap Emma Yohanna, Anggota DPD RI, seraya mengajak perempuan politik untuk sama-sama melakukan gerak dan aktivitas untuk berkontribusi meningkatkan partisipasi aktif dalam membangun bangsa.

Hal senada juga disampaikan Pengurus Pusat KPPI RI Dwi Septiati menyebutkan mengkonsolidasikan kekuatan agar perempuan tambah banyak duduk di parlemen.

"Keberadaan perempuan di politik sebagai dedikasi yang tinggi untuk memperkuat. Perempuan memiliki setengah jumlahnya sehingga mereka perlu terlibat dalam berkontribusi dunia politik, memikirkan nasib perempuan dan keluarga mereka," sebutnya.

Ia melanjutkan Indonesia masih berkutat pada masalah kematian ibu, pornografi, HIV AIDS, kecanduan game online, agar menjadi perhatian.

"Kita harus menebalkan persamaan dan menjauhkan perbedaan dalam membesarkan KPPI," lanjutnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia, Armiati mengatakan peserta merupakan utusan partai politik yang memiliki kursi di parlemen dan utusan Dewan Pimpinan Cabang KPPI Se-Sumatera Barat.

Musda ini dihadiri Rezka Oktoberia Anggota DPR RI, Jefrinal Arifin Kepala Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, Quartita Evari Hamdiana Plt. Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan BKOW Provinsi Sumbar. Ketua dan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Kepala Kesbangpol Provinsi Sumbar Jefrinal mengatakan kader-kader yang aktif berpolitik tidaklah kurang, perempuan memiliki semangat untuk berkontribusi untuk memperjuangkan kepentingan kaum perempuan di parlemen.

"Kami berharap agar terpilih pengurus KPPI yang Mau bekerja dan mengabdi untuk kemajuan kaum perempuan," jelasnya.

Lebih lanjut, Armiati sebagai ketua terpilih mengharapkan kerja sama dari semua pihak agar ketercapaian 20 persen perempuan tercapai duduk sebagai anggota dewan.

"Mari satu dan bulatkan tekad menjadi perempuan berpolitik yang berpikiran maju dan mengejar ketertinggalan," harapnya. (*)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas