Tribun

Ibadah Haji 2022

Kemenkes: Jemaah Haji yang Tiba di Indonesia Tak Jalani Karantina Terpusat

Direncanakan 6 kloter jemaah haji Indonesia akan bertolak dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi menuju tanah air pada 15 Juli 2022.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kemenkes: Jemaah Haji yang Tiba di Indonesia Tak Jalani Karantina Terpusat
Ist
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes dr Budi Sylvana mengatakan tidak ada karantina terpusat selama 21 hari kepada jemaah haji. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 100.051 jemaah haji akan mulai pulang ke tanah air secara bertahap.

Direncanakan ada 6 kloter pertama yang akan bertolak dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi menuju tanah air pada 15 Juli 2022.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Budi Sylvana mengatakan, tidak ada karantina terpusat selama 21 hari kepada jemaah haji.

Hanya yang ada adalah pengawasan kesehatan secara mandiri di daerah masing-masing.

"Jemaah haji yang tiba di bandara kedatangan akan dilakukan pengawasan kesehatan dan tetap menjalankan protokol kesehatan," ujar Budi pada konferensi pers secara virtual, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Ketahuan Sembunyikan Air Zamzam, Puluhan Koper Jemaah Haji Indonesia Dibongkar Petugas Arab Saudi

Hal itu mengacu pada Surat Edaran Satgas Covid-19 nomor 22 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi, serta mengacu pada Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor 2782 Tahun 2022 tentang Pemeriksaan dan Pengawasan Jemaah Haji di Embarkasi dan Debarkasi.

Pihaknya melalui fasilitas kesehatan primer akan melakukan pemantauan kondisi kesehatan haji pasca kepulangan ke tanah air. Jemaah haji yang merasakan gejala sakit diimbau lakukan pemeriksaan ke Puskesmas.

Dikatakan Budi, jemaah haji tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Baca juga: Video Jemaah Haji Meninggal karena Terowongan Mina Mati Listrik Hoaks

Namun bagi jemaah yang sakit diminta agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pengontrolan kesehatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas