Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Petugas Kesehatan Madinah Siap Layani Kepulangan Jemaah Haji pada Gelombang Dua

Bidang kesehatan daerah kerja (Daker) Madinah siap memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji yang pulang pada gelombang dua.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Petugas Kesehatan Madinah Siap Layani Kepulangan Jemaah Haji pada Gelombang Dua
Foto: Kemenag
Bidang kesehatan daerah kerja (Daker) Madinah siap memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji yang pulang pada gelombang dua yakni 10 juli hingga 24 Juli 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Bidang kesehatan daerah kerja (Daker) Madinah siap memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji yang pulang pada gelombang dua yakni 10 juli hingga 24 Juli 2023.

Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah dr. Tri Atmaja Sugiyarno menyampaikan bahwa seluruh tenaga kesehatan dan pendukung yang bertugas di KKHI Madinah sudah bergerak dari Makkah ke Madinah sejak 7 Juli 2023 lalu.




“Seluruh petugas KKHI Madinah langsung melakukan persiapan dengan membersihkan ruang pelayanan yang ada seperti IGD, HCU, ruang nawat inap, dan sebagainya,” ujar dr. Atma

Tidak hanya petugas, seluruh alat kesehatan dan logistik obat-obatan, serta perbekalan kesehatan (Perbekkes) juga dimobilisasi kembali ke Madinah pasca puncak ibadah haji atau fase Armuzna.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia Capai 571 Orang Hingga Hari Ini

Adapun strategi yang akan dilaksanakan bidang kesehatan di Daker Madinah untuk menghadapi gelombang jemaah haji yang kedua.

Pertama, pelaksanaan Medical Check Up (MCU) yang tujuannya untuk mencegah terjadinya kesakitan/kematian sekaligus untuk skrining tanazul.

BERITA TERKAIT

MCU ini berlangsung mulai 11 Juli 2023 meliputi poli jantung, paru, penyakit dalam, dan psikiatri. Setiap harinya MCU akan melayani jemaah haji dengan kuota 20 jemaah per hari.

Jemaah yang akan MCU akan dibantu fasilitasi antar jemput oleh tim Emergency Medical Team (EMT) sektor.

Kedua, akan dilaksanakan peningkatan pelayanan di sektor melalui Tim EMT. Tim EMT akan bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan Haji Kloter (TKHK) untuk melakukan pemeriksaan ulang kondisi jemaah haji risiko tinggi (Risti). Selain itu akan dilakukan pemasangan tanda Risti atau tanda triage status kesehatan jemaah di depan kamar.

Ketiga, penguatan layanan kesehatan kloter dengan memberikan kembali pembekalan klinis kepada TKHK oleh tim KKHI Madinah dan Tim EMT secara bergantian.

Terakhir, KKHI Madinah melaksanakan optimalisasi layanan pemulangan pasien yang dirawat di KKHI.

Rencananya dalam sehari akan dilakukan dua kali pemulangan pasien ke kloter yakni di pagi hari dengan menggunakan ambulans sektor dan di sore hari dengan menggunakan kendaraan operasional atau ambulans KKHI Madinah.

Diketahui bahwa pasca Armuzna, kondisi jemaah haji masih kelelahan dan kasus pneumonia terus meningkat. Oleh karenanya jemaah haji diimbau disiplin pola hidup bersih dan sehat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas