Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Tangkap Penjarah Batu Meteorit Seberat 1 Ton

Menurut polisi, mereka menemukan lebih dari 200 potongan besar batu meteorit yang disembunyikan di bawah kursi truk milik para pelaku pencurian.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Polisi Tangkap Penjarah Batu Meteorit Seberat 1 Ton
Getty/BBC
Provinsi Chaco selama ini dikenal di dunia sebagai lokasi tempat jatuhnya meteorit, yang dilindungi secara hukum oleh pemerintah Argentina. 

TRIBUNNEWS.COM, BUENOS AIRES - Tidak hanya di Indonesia yang lagi demam batu akik, di Argentina pun batu dijarah untuk dijual kepada kolektor batu.

Kepolisian Argentina baru-baru ini menangkap empat orang pria yang mencuri lebih dari satu ton meteorit di Provinsi Chaco.

Menurut polisi, mereka menemukan lebih dari 200 potongan besar batu meteorit yang disembunyikan di bawah kursi truk milik para pelaku pencurian.

Para pelaku diketahui berjumlah empat orang, tiga di antaranya adalah warga Argentina dan seorang lainnya berasal dari Paraguay.

Provinsi Chaco selama ini dikenal di dunia sebagai lokasi tempat jatuhnya meteorit, yang dilindungi secara hukum oleh Pemerintah Argentina.

Di wilayah Chaco, terdapat sebuah lokasi dengan luas 1.300 km persegi yang dijuluki "Campo del Cielo" atau "kawasan surga".

Lokasi itu dipenuhi batu meteor berukuran relatif kecil atau disebut meteorit. Para ahli memperkirakan meteorit itu jatuh sekitar 4.000 tahun yang lalu.

BERITA REKOMENDASI

Batu meteorit yang terbesar, bernama El Chaco, ditemukan pada tahun 1967 dan berat 37 ton. El Chaco adalah meteorit terbesar kedua di dunia yang pernah ditemukan.

Keberadaan batu meteorit ini selama ini menjadi sasaran para spekulan dan kolektor. Pada tahun 1990, seorang polisi Argentina menggagalkan rencana pencurian batu meteorit yang hendak dijual kepada seorang kolektor asal Amerika Serikat.(BBC Indonesia)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas