Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Trump Batalkan Agenda Kampanye di Florida Usai Terpapar Corona, Bagaimana Nasib Debat 15 Oktober?

Setelah dinyatakan positif terinfeksi corona, Trump pun terpaksa membatalkan sejumlah kegiatannya, termasuk agenda kampanye pemilu AS di Florida.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Trump Batalkan Agenda Kampanye di Florida Usai Terpapar Corona, Bagaimana Nasib Debat 15 Oktober?
Getty Images via AFP
Presiden AS Donald Trump mengungkapkan dirinya dan Ibu Negara Melania sedang menunggu hasil tes Covid-19 pada Kamis malam setelah ajudan dekatnya, Hope Hicks, dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Ibu Negara Melania Trump, menjalani karantina di Gedung Putih usai dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Langkah itu diambil agar Trump dapat menjalankan tugas tanpa gangguan selama masa karantina.

Meski tidak jelas seperti apa "proses karantina" yang akan dijalani Trump dan istrinya, tapi pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyatakan bahwa karantina 14 hari harus dilakukan setelah seseorang dinyatakan terpapar Covid-19.

"Kondisi Trump dan Melania baik-baik saja saat ini dan mereka berencana untuk tetap di rumah, di Gedung Putih, selama masa pemulihan," kata dokter Kepresidenan AS, Sean Conley, seperti dilansir AFP, Jumat (2/10/2020).

Trump sebelumnya mengumumkan bahwa ia dan istrinya terinfeksi virus corona. Ia mengumumkan sendiri statusnya itu di akun Twitter pribadinya.

"Malam ini, @FLOTUS dan saya dinyatakan positif Covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini BERSAMA!," cuit Trump di akun Twitternya, Jumat (2/10/2020).

Sebelum dinyatakan positif, Trump dan Melania sudah menjalani karantina lantaran seorang penasihat kepresidenan yang dekat dengan Trump, Hope Hick, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Hicks dinyatakan terinfeksi Covid-19 pada Kamis (1/10/2020) pagi.

BERITA REKOMENDASI

Pejabat administrasi Gedung Putih yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, Hicks mulai merasakan gejala ringan saat perjalanan pulang dengan pesawat usai menghadiri kampanye Trump di Minnesota pada Rabu (30/9/2020) malam.

Sejak itu Hicks dikarantina dan dinyatakan positif virus corona keesokan hari.

Hicks diketahui cukup intens bersama Trump selama satu pekan terakhir. Selain bersama Trump ke Minnesota, dia juga mendampingi ke debat calon presiden pada Selasa (29/8/2020) malam.

Setelah dinyatakan positif terinfeksi corona, Trump pun terpaksa membatalkan sejumlah kegiatannya, termasuk agenda kampanye pemilu AS di Florida. Padahal, Pemilu AS tinggal 32 hari lagi.

Baca: Donald Trump Positif Corona, Apa yang Akan Terjadi jika Trump Terlalu Sakit untuk Menjadi Presiden?

Belum bisa dipastikan juga apakah Trump bisa menghadiri debat kedua Piplres pada 15 Oktober mendatang.

Sebelum terinfeksi, Trump memang terkenal dengan statemennya yang meremehkan bahaya virus ini. Ia kerap meremehkan dan menolak mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi.

Ia juga sering terlihat tidak mengenakan masker di muka umum dan abai pada anjuran jaga jarak. Padahal WHO menegaskan, pemakaian masker merupakan salah pencegahan agar tidak terkena virus corona.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas