Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Permintaan Kedelai China akan Tetap Kuat pada 2021, Didorong Pemulihan Ternak Babi

Para pengamat menilai kenaikan harga biji kedelai karena negara tersebut menyumbang 60 persen dari perdagangan kedelai global.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Permintaan Kedelai China akan Tetap Kuat pada 2021, Didorong Pemulihan Ternak Babi
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/Bukbis Candra Ismet Bey
Ilustrasi kedelai: Pekerja mengolah adonan kedelai di sentra industri tempe, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (28/9/2015). I,bas dari pelemahan Rupiah terhadap Dollar memicu kenaikan harga kedelai impor di kisaran Rp 7.500 sampai Rp7.800 per Kg. TRIBUN JABAR/Bukbis Candra Ismet Bey 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Setelah setahun mencatat rekor permintaan kedelai, China diperkirakan akan melanjutkan penguatan pembelian biji kedelai pada 2021 ini.

Permintaan biji kedelai China yang melonjak pada tahun pemasaran Oktober 2020 hingga September 2021, telah menjadi pendorong utama kenaikan harga kedelai global sebesar 20 hingga 30 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Saat ini harganya berada pada kisaran 10 hingga 14 dolar Amerika Serikat per bushel.

Dikutip dari laman Hellenic Shipping News, Senin (4/1/2021), para pengamat menilai kenaikan harga itu karena negara tersebut menyumbang 60 persen dari perdagangan kedelai global.

Sementara itu, analisis dari Departemen Pertanian AS dan S&P Global Platts memprediksi permintaan kedelai China pada tahun 2020-2021 berada pada titik tertinggi sepanjang masa, yakni sebesar 100 juta metric ton (mt).

Beberapa Analis bahkan optimistis China dapat mengimpor lebih dari 100 juta mt, karena peternakan babi di negara itu mulai menunjukkan pemulihan.

Baca juga: Harga Kedelai Naik, Tempe Langka di Pasaran, Ini Kata Indef

BERITA TERKAIT

Para Analis menyebut bahwa pada kalender 2020, impor kedelai China diperkirakan mencapai 100 juta mt, meskipun persediaan babi di negara itu belum pulih sepenuhnya.

Jika tren pertumbuhan babi saat ini berlanjut, maka kapasitas produksi babi China kemungkinan akan pulih sepenuhnya pada paruh pertama tahun 2021.

Perlu diketahui, produsen dan konsumen daging babi terbesar di dunia kehilangan lebih dari 50 persen populasi babi karena African Swine Fever (ASF) yang muncul pada Agustus 2018.

ASF adalah penyakit yang sangat menular pada babi dan dapat menyebabkan kematian hewan ternak ini hingga 100 persen.

Penyakit ini pun memicu kerugian ekonomi yang sangat besar.

Setelah tindakan karantina skala besar yang dilakukan pemerintah China, lebih dari 200 juta babi akhirnya dimusnahkan.

Ini menyebabkan terjadinya penurunan besar-besaran daging babi di negara itu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas