Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

FOTO-FOTO Pelantikan Joe Biden: 200 Ribu Bendera Amerika hingga Penampakan Alkitab 127 Tahun

Joe Biden dan Kamala Harris telah resmi dilantik menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat pada Rabu (20/1/2021).

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in FOTO-FOTO Pelantikan Joe Biden: 200 Ribu Bendera Amerika hingga Penampakan Alkitab 127 Tahun
Andrew Harnik / POOL / AFP
Joe Biden (kiri) dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts (Kanan) saat Jill Biden memegang Alkitab, bersama dengan putra Hunter Biden dan putri Joe dan Jill Biden Ashley Biden, pada tanggal 20 Januari 2021, di US Capitol di Washington, DC. 

TRIBUNNEWS.COM - Joe Biden dan Kamala Harris telah resmi dilantik menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat pada Rabu (20/1/2021).

Diberitakan Tribunnews sebelumnya, Biden disumpah Ketua Mahkamah Agung, John Robets.

Di sampingnya ada sang istri, Jill Biden, yang memegang Alkitab saat Biden mengucapkan sumpah.

Biden disumpah menggunakan Alkitab milik keluarganya sejak 1893 dan digunakan selama pengambilan sumpahnya sebagai wakil presiden pada 2009 dan 2013 lalu.

Alkitab setebal 5 inci ini juga digunakan setiap kali Biden disumpah sebagai senator AS.

Baca juga: Janji Joe Biden setelah Dilantik Jadi Presiden AS, akan Hadapi Kebangkitan Supremasi Kulit Putih

Baca juga: Cabut Kebijakan Kontroversial Trump, Biden Teken Sederet Perintah Eksekutif di Hari Pelantikan

Bahkan mendiang putranya, Beau Biden, juga menggunakan Alkitab yang sama untuk bersumpah saat menjadi pejabat di Delaware.

Joe Biden dan istrinya, Jill Biden tiba menjelang proses pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS ke-46 pada 20 Januari 2021, di Capitol AS di Washington, DC.
Joe Biden dan istrinya, Jill Biden tiba menjelang proses pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS ke-46 pada 20 Januari 2021, di Capitol AS di Washington, DC. (Toni L. Sandys / POOL / AFP)
Joe Biden (kiri) dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts (Kanan) saat Jill Biden memegang Alkitab, bersama dengan putra Hunter Biden dan putri Joe dan Jill Biden Ashley Biden, pada tanggal 20 Januari 2021, di US Capitol di Washington, DC.
Joe Biden (kiri) dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts (Kanan) saat Jill Biden memegang Alkitab, bersama dengan putra Hunter Biden dan putri Joe dan Jill Biden Ashley Biden, pada tanggal 20 Januari 2021, di US Capitol di Washington, DC. (Andrew Harnik / POOL / AFP)
Joe Biden (Kiri), didampingi oleh Ibu Negara AS yang baru, Jill Biden, dilantik sebagai Presiden AS ke-46 oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts pada 20 Januari 2021, di Capitol AS di Washington, DC.
Joe Biden (Kiri), didampingi oleh Ibu Negara AS yang baru, Jill Biden, dilantik sebagai Presiden AS ke-46 oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts pada 20 Januari 2021, di Capitol AS di Washington, DC. (SAUL LOEB / POOL / AFP)

Sebelumnya, Kamala Harris telah dilantik lebih dulu.

BERITA TERKAIT

Harris dilantik oleh Sonia Sotomayor, orang Latin pertama yang mengabdi di Mahkamah Agung.

Suami Harris, Doug Emhoff, memegang Alkitab saat Harris mengambil sumpah.

Kamala Harris menjadi wakil presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat.

Mantan senator AS dari California ini juga merupakan orang pertama keturunan Asia Selatan yang terpilih menjadi wakil presiden.

Joe Biden bertemu dengan Kamala Harris yang baru saja dilantik sebagai Wakil Presiden setelah dia mengambil sumpah jabatan di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Biden dilantik hari ini sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat.
Joe Biden bertemu dengan Kamala Harris yang baru saja dilantik sebagai Wakil Presiden setelah dia mengambil sumpah jabatan di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Biden dilantik hari ini sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat. (Drew Angerer / Getty Images / AFP Drew Angerer / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP)

Juga menjadi sosok wanita berpangkat tertinggi yang pernah menjabat dalam pemerintahan AS.

Pelantikan presiden kali ini terjadi di tengah krisis kesehatan dan wabah Covid-19.

Sehingga tidak banyak tamu undangan maupun kerumunan yang diizinkan datang melihat momen bersejarah ini.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas