Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Para Pemimpin Uni Eropa Mengutuk Hukuman Penjara 3,5 Tahun Terhadap Oposisi Rusia Alexei Navalny

Para pemimpin Uni Eropa (UE) mengutuk Rusia yang memberikan hukuman penjara 3,5 tahun kepada Alexei Navalny pada Selasa (2/2/2021).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Para Pemimpin Uni Eropa Mengutuk Hukuman Penjara 3,5 Tahun Terhadap Oposisi Rusia Alexei Navalny
Kirill KUDRYAVTSEV/AFP
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny dan istrinya Yulia terlihat di titik pemeriksaan paspor di bandara Sheremetyevo Moskow pada 17 Januari 2021. Terbaru, Para Pemimpin Uni Eropa Mengutuk Hukuman Penjara 3,5 Tahun Terhadap Oposisi Rusia Alexei Navalny 

TRIBUNNEWS.COM - Para pemimpin Uni Eropa (UE) mengutuk Rusia yang memberikan hukuman penjara 3,5 tahun kepada Alexei Navalny pada Selasa (2/2/2021).

Alexei Navalny dijatuhi hukuman penjara oleh Pengadilan Moskow karena melanggar persyaratan masa percobaan saat memulihkan diri di Jerman dari keracunan Novichok.

Mengutip Euro News, jika memperhitungkan 10 bulan masa tahanan rumahnya, Alexei Navalny akan menjalani hukuman lebih sedikit dari vonis pengadilan.

Baca juga: Polisi Moskow Menangkap Saudara Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny

Baca juga: POPULER Internasional: Joe Biden Dibiarkan Menunggu di Depan Gedung Putih | Profil Alexei Navalny

Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny terlihat di titik pemeriksaan paspor di bandara Sheremetyevo Moskow pada 17 Januari 2021. Polisi Rusia menahan kritikus Kremlin Alexei Navalny di bandara Moskow tak lama setelah dia mendarat dalam penerbangan dari Berlin, seorang wartawan AFP di tempat kejadian mengatakan .
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny terlihat di titik pemeriksaan paspor di bandara Sheremetyevo Moskow pada 17 Januari 2021. Polisi Rusia menahan kritikus Kremlin Alexei Navalny di bandara Moskow tak lama setelah dia mendarat dalam penerbangan dari Berlin, seorang wartawan AFP di tempat kejadian mengatakan . (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)

Berikut ini beberapa tanggapan para pemimpin UE terkait putusan hukuman penjara yang diterima Alexei Navalny:

Presiden Komisi Eropa

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan lewat Twitter, bahwa dia mengutuk "hukuman Alexei Navalny sekuat mungkin".

"Saya menyerukan kepada Rusia untuk memenuhi komitmen internasionalnya dan membebaskannya segera dan tanpa syarat," tambahnya.

BERITA REKOMENDASI

Perwakilan Tinggi UE

Josep Borrell, Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri mengatakan, hukuman itu "bertentangan dengan komitmen internasional Rusia tentang supremasi hukum dan kebebasan fundamental".

Borrell juga menyebut hukuman yang diterima Alexi Navalny "bertentangan dengan putusan #ECHR (Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa), yang memutuskan bahwa kasus ini sewenang-wenang dan tidak masuk akal".

Presiden Dewan Eropa

Lewat cuitan Twitter, Presiden Dewan Eropa Charles Michel juga angkat bicara.

"Kami tidak menerima hukumannya, keadilan tidak boleh dipolitisasi," ungkapnya.

Michel juga menyoroti massa pendukung Alexei Navalny yang turun ke jalan setelah pemimpin oposisi Rusia itu ditahan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas