Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkes Inggris Matt Hancock Mundur Setelah Langgar Aturan Covid-19 dengan Mencium Ajudan

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock akhirnya mundur karena melanggar protokol kesehatan jarak sosial dengan mencium ajudannya

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Menkes Inggris Matt Hancock Mundur Setelah Langgar Aturan Covid-19 dengan Mencium Ajudan
AFP
Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock (kiri), melihat telepon ajudannya Gina Coladangelo ketika mereka meninggalkan BBC di pusat kota London pada 6 Juni 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock  mengundurkan diri, sehari setelah dipanggil karena melanggar protokol kesehatan aturan jarak sosial dengan mencium seorang ajudan.

Dalam sebuah surat kepada Perdana Menteri Boris Johnson, Hancock mengatakan pemerintah "berutang kepada orang-orang yang telah berkorban begitu banyak dalam pandemi ini untuk jujur ​​ketika kita mengecewakan mereka".

Boris Johnson mengatakan dia menyesal menerima pengunduran diri tersebut.

Downing Street mengatakan, mantan Kanselir Sajid Javid telah dikukuhkan sebagai menteri kesehatan yang baru.

Hancock semakin mendapat tekanan agar mundur, setelah The Sun menerbitkan foto-foto Hancock dan ajudannya Gina Coladangelo, yang keduanya menikah dengan tiga anak, berciuman. Surat kabar itu mengatakan foto-foto itu diambil di dalam kanator Departemen Kesehatan pada 6 Mei.

Baca juga: Foto Peluk Penasihat Beredar, Menteri Kesehatan Inggris Minta Maaf Langgar Pedoman Covid-19

Baca juga: Luar Biasa, Pria Inggris Positif Covid-19 Selama 10 Bulan, Kasus Infeksi Terlama di Dunia

Beberapa surat kabar melaporkan bahwa Hancock telah mengakhiri 15 tahun pernikahannya dengan istrinya, Martha. BBC melaporkan bahwa laporan itu memang akurat.

Rekan-rekan anggota parlemen Tory, serta kelompok Buruh dan Keluarga Korban Covid-19 untuk Keadilan, telah menyerukan agar menkes dipecat.

BERITA TERKAIT

Seorang tokoh senior Tory mengatakan kepada BBC bahwa banyak anggota parlemen telah memberi menegaskan keputusan agar mundur itu pada Sabtu kemarin.

Editor politik BBC Laura Kuenssberg mengatakan Downing Street  telah menekankan bahwa pengunduran diri itu adalah keputusan Hancock sendiri dan bahwa ia tidak dipecat oleh perdana menteri.

Juga disebutkan, sang ajudan, Coladangelo, juga meninggalkan perannya sebagai direktur non-eksekutif Departemen Kesehatan.

Baca juga: Boris Johnson: Lockdown Terbatas di Inggris Berlanjut Sampai 19 Juli

Baca juga: Ini Istri Para Pemimpin G-7: Carrie Johnson Mulai Debut di Panggung Global

"Saya memahami pengorbanan besar yang telah dilakukan semua orang di negara ini, yang telah Anda buat, dan kita yang membuat aturan ini harus mematuhinya dan itulah mengapa saya harus mengundurkan diri,” ujar Hancock dalam sebuah video yang diposting di twitter.

Dalam surat pengunduran dirinya, Hancock, yang menjabat sebagai menkes selama tiga tahun, mengulangi permintaan maafnya karena melanggar pedoman Covid-19 dan dia meminta maaf kepada keluarga dan orang-orang terkasihnya karena membuat mereka mengalami hal ini.

Sebagai tanggapan, perdana menteri mengatakan “Hancock harus meninggalkan kantor dengan sangat bangga dengan apa yang telah dicapai - tidak hanya dalam mengatasi pandemi, tetapi bahkan sebelum Covid-19 menyerang kita.”

"Saya berterima kasih atas dukungan Anda dan percaya bahwa kontribusi Anda untuk pelayanan publik masih jauh dari selesai,” kata Boris Johnson,

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas