Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Itu Virus Mematikan Marburg yang Terdeteksi di Guinea? Berikut Asal, Penularan hingga Gejalanya

Apa itu virus mematikan Marburg yang terdeteksi di Guinea, Afrika Barat? Berikut asal, penularan, gejala hingga fakta-faktanya.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Sri Juliati
zoom-in Apa Itu Virus Mematikan Marburg yang Terdeteksi di Guinea? Berikut Asal, Penularan hingga Gejalanya
Twitter/Mellanie Fontes-Dutra, PhD
Apa itu virus mematikan Marburg yang terdeteksi di Guinea, Afrika Barat? Berikut asal, penularan, gejala hingga fakta-faktanya. 

TRIBUNNEWS.COM - Kasus pertama virus Marburg, yang sangat menular seperti virus Corona (Covid-19), terdeteksi di Guinea, sebuah negara di Afrika Barat.

Diketahui, penyebab virus Marburg masih dalam satu keluarga dengan virus yang menyebabkan Ebola.

Dikutip dari One India, virus Marburg telah menyebabkan satu orang meninggal di prefektur Gueckedou selatan pada 2 Agustus 2021.

Virus yang ditularkan melalui kelelawar ini memiliki tingkat kematian hingga 88 persen.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus Marburg biasanya dikaitkan dengan paparan gua atau tambang yang menampung koloni kelelawar Rousettus.

Baca juga: Guinea Konfirmasi Kasus Pertama Virus Marburg di Afrika Barat, 1 Orang Meninggal

Setelah ditangkap oleh manusia, virus menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, atau dengan permukaan dan bahan yang terkontaminasi.

Selengkapnya, berikut asal, penularan, gejala, hingga fakta-fakta mengenai virus Marburg:

BERITA REKOMENDASI

Asal virus Marburg

Virus Marburg pertama kali terdeteksi pada 1967 setelah wabah simultan di Marburg dan Frankfurt di Jerman, dan di Beograd, Serbia.

Dua wabah besar yang terjadi secara bersamaan di Marburg dan Frankfurt di Jerman, dan di Beograd, Serbia, pada 1967, menyebabkan pengenalan awal penyakit tersebut.

Wabah ini terkait dengan pekerjaan laboratorium menggunakan monyet hijau Afrika (Cercopithecus aethiops) yang diimpor dari Uganda.

Kasus selanjutnya dilaporkan di Angola, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Afrika Selatan pada seseorang dengan riwayat perjalanan baru-baru ini ke Zimbabwe, dan Uganda.

Pada 2008, dua kasus independen dilaporkan pada pelancong yang mengunjungi gua yang dihuni oleh koloni kelelawar Rousettus di Uganda.

Penularan virus Marburg

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas