Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Presiden AS George W. Bush Ungkap Kesedihan Mendalam atas Apa yang Terjadi di Afghanistan

Mantan Presiden AS George W Bush mengatakan ia dan mantan Ibu Negara Laura Bush merasakan "kesedihan mendalam" atas apa yang terjadi di Afghanistan

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Miftah
zoom-in Mantan Presiden AS George W. Bush Ungkap Kesedihan Mendalam atas Apa yang Terjadi di Afghanistan
ERIC DRAPER / The White House / AFP
Foto ini diambil pada 7 Oktober 2001 dan dirilis oleh Gedung Putih pada 8 Oktober 2001 menunjukkan Presiden AS George W. Bush berbicara kepada Perdana Menteri Kanada Jean Chretien dari Gedung Putih di Washington, DC, sebelum memberi tahu negara dimulainya serangan militer terhadap pemerintah Taliban di Afghanistan. Presiden AS George W. Bush pada 7 Oktober 2001 meluncurkan "perang melawan teror" sebagai tanggapan atas serangan 11 September, dengan serangan udara ke Afghanistan setelah pemerintah Taliban melindungi Osama bin Laden dan gerakan Al-Qaeda-nya, yang mendalangi 9 /11. Setelah dua dekade di Afghanistan, perang terpanjang AS telah berakhir dengan runtuhnya pemerintahan di Kabul pada 15 Agustus 2021 dengan Taliban mengambil kendali. 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Presiden AS George W Bush mengatakan ia dan mantan Ibu Negara Laura Bush merasakan "kesedihan mendalam" atas peristiwa yang terjadi di Afghanistan, Al Jazeera melaporkan.

"Laura dan saya telah menyaksikan peristiwa tragis yang terjadi di Afghanistan dengan kesedihan yang mendalam."

"Hati kami berat untuk rakyat Afghanistan yang telah sangat menderita dan untuk Amerika dan sekutu NATO yang telah berkorban begitu banyak," kata mantan presiden itu dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Senin (16/8/2021) malam waktu setempat.




Dilansir Axios, Bush menekankan ia yakin upaya evakuasi akan efektif karena dilakukan oleh pria dan wanita yang luar biasa dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, korps diplomatik, serta komunitas intelijen.

Baca juga: Viral Foto 640 Warga Afghanistan Berdesakan Dalam Pesawat Kargo Militer AS

Foto ini diambil pada 7 Oktober 2001 dan dirilis oleh Gedung Putih pada 8 Oktober 2001 menunjukkan Presiden AS George W. Bush berbicara kepada Perdana Menteri Kanada Jean Chretien dari Gedung Putih di Washington, DC, sebelum memberi tahu negara dimulainya serangan militer terhadap pemerintah Taliban di Afghanistan. Presiden AS George W. Bush pada 7 Oktober 2001 meluncurkan
Foto ini diambil pada 7 Oktober 2001 dan dirilis oleh Gedung Putih pada 8 Oktober 2001 menunjukkan Presiden AS George W. Bush berbicara kepada Perdana Menteri Kanada Jean Chretien dari Gedung Putih di Washington, DC, sebelum memberi tahu negara dimulainya serangan militer terhadap pemerintah Taliban di Afghanistan. (ERIC DRAPER / The White House / AFP)

"Kami berterima kasih dari lubuk hati kami dan akan selalu menghormati kontribusi Anda," tambahnya, dalam sebuah pesan untuk personel Amerika.

George W Bush adalah presiden pertama yang memulai invasi ke Afghanistan.

Pada 2001, Bush memerintahkan pasukan untuk menggulingkan Taliban dan menekan al-Qaeda agar tidak melancarkan serangan teroris lagi ke AS setelah peristiwa 9/11.

BERITA TERKAIT

Pertengahan Juli lalu, Bush menyebut penarikan pasukan AS dari Afghanistan adalah suatu kesalahan.

Mantan presiden Amerika Serikat George W. Bush mengkritik keputusan penarikan tentara AS dan NATO dari Afghanistan, CBS News melaporkan.

Ia menyebut penarikan itu akan berakibat warga di sana "dibantai" oleh Taliban.

"Wanita dan gadis Afghanistan akan menderita kerugian yang tak terkatakan. Ini adalah kesalahan...," kata Bush kepada media Jerman Deutsche Welle, Rabu (14/7/2021).

"Mereka hanya akan ditinggalkan untuk dibantai oleh orang-orang yang sangat brutal ini, dan itu menghancurkan hati saya."

Baca juga: Bersahabat dengan Istri Barack Obama, George W Bush Mengaku Kaget Lihat Reaksi Publik

Baca juga: Pemimpin Senior Taliban Ungkap Kelompoknya Enggan Terlibat Pertempuran di Dalam Kota Afghanistan

George W. Bush dalam wawancara baru dengan Norah O'Donnell di CBS News
George W. Bush dalam wawancara baru dengan Norah O'Donnell di CBS News (CBS Sunday Morning/PEOPLE)

Seperti yang diketahui, pasukan AS mulai menarik diri dari Afghanistan sejak awal Mei 2021, sekitar 20 tahun setelah mereka tiba di negara yang dilanda perang itu.

Pasukan dijadwalkan ditarik sepenuhnya pada 11 September namun penarikan dilakukan lebih awal karena ibu kota telah jatuh ke tangan Taliban.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas