Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepolisian Jepang Soroti Aktivitas Kelompok Geng Motor Bosozoku dan Kyushakai

Masa kejayaan geng motor Bosozoku telah surut dibandingkan sekitar 40 tahun yang lalu.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kepolisian Jepang Soroti Aktivitas Kelompok Geng Motor Bosozoku dan Kyushakai
Foto Wikipedia
Kelompok geng motor Kyushakai dengan motor tua bermai-ramai berkendara di jalan raya Jepang. Kelompk ini seringkali mengganggu lalu lintas jalan raya. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah anggota kelompok geng motor Bosozoku saat ini semakin sedikit, sebaliknya anggota kelompok geng motor Kyushakai semakin banyak.

Namun kedua kelompok geng motor ini masih mendapat sorotan khusus kepolisian Jepang hingga saat ini.

Bosozoku adalah geng motor yang beranggotakan anak-anak muda dengan sepeda motor baru.

Sementara Kyushakai adalah geng motor yang anggotanya orang dewasa dengan motor tua (kuno).

"Bahkan jumlah Kyushakai yang diidentifikasi polisi melakukan tindakan ilegal, adalah 5.661 pada 2019, turun dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 6.304 orang saat puncaknya," ungkap seorang mantan pengemudi motor patroli polisi (Shirobai) Jepang kepada Tribunnews.com baru-baru ini.

Untuk jumlah kelompok Bosozoku pada tahun 1992, mencapai 847, hampir sama dengan tahun 1977-an.

BERITA TERKAIT

Setelah itu, mengalami penurunan dari tahun ke tahun, dan menurun menjadi 208 kelompok pada tahun 2016, dan menjadi 131 pada tahun 2020 yang merupakan data terakhir.

Adapun jumlah anggota, 42.510 pada tahun 1982 adalah yang terbesar. Tetapi pada tahun 2020, itu adalah yang terendah dalam sejarah, hanya 5.714.

Di sisi lain, meskipun jumlah grup bernama "Bosozoku" telah menurun tajam, jumlah grup baru yang disebut "Kyushakai" kini jumlahnya telah jauh melebihi Bosozoku, yaitu 5.583 anggota.

Namun kenyataannya, jumlah anggota non-kelompok dalam Bosozoku mencapai sekitar 80 persen, dan dapat dikatakan bahwa jumlah anggota per kelompok tidak jauh berbeda dengan kelompok Kyushakai.

"Tampaknya hal itu mencerminkan kecenderungan anak muda yang tidak menyukai perilaku kelompok, dan kelompok kecil tampaknya mengalami kemajuan," ungkapnya.

Tim Kyushakai tergantung pada masing-masing tim, tetapi sopan santun umumnya lebih baik daripada Bosozoku, dan ada juga pandangan bahwa orang-orang yang murni pecinta sepeda motor berkumpul untuk Kyushakai.

Kelompok Geng Motor Kyushakai, Jepang_1
Motor milik kelompok geng motor Kyushakai, kelompok pengemudi motor tua yang dimodifikasi, pengemudi lebih dewasa ketimbang Bosozoku. Ciri khas Kyushakai adalah motor kuno dan besar serta pengemudi dewasa.

Sebelumnya, manajemen Kyushakai kawasan Kanto, Kumiko Kato, tidak seketat Bosozoku, dan sering touring dengan jumlah 10 orang atau kurang remaja usia 20 tahunan.

Dikatakan bahwa jumlah anggota muda di usia remaja yang langsung memasuki kelompok Kyushakai tanpa melalui Bosozoku sebelumnya, jumlahnya semakin meningkat.

Perubahan zaman? Apakah tren dari Bosozoku menjadi Kyushakai akhir-akhir ini?

Sumber Tribunnews.com pernah bekerja di wilayah Kanto selama sekitar 10 tahun, dan telah menindak banyak Bosozoku sebagai anggota polisi sepeda motor selama 8 tahun.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas