Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Empat Staf Utama PM Johnson Resign Buntut Skandal Pesta Miras saat Inggris Lockdown

Empat staf terdekat PM Inggris Boris Johnson mengundurkan diri pada Kamis (3/2/2022) di tengah skandal pesta yang dilakukan saat lockdown.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Empat Staf Utama PM Johnson Resign Buntut Skandal Pesta Miras saat Inggris Lockdown
Martin Sylvest/Ritzau Scanpix/AFP
Perdana Menteri Boris Johnson (tengah) tiba untuk mengambil bagian dalam Konferensi Reformasi Ukraina internasional kedua pada 27 Juni 2018 di pusat konferensi Eigtveds Pakhus di Kopenhagen, Denmark. 

TRIBUNNEWS.COM - Empat staf terdekat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengundurkan diri pada Kamis (3/2/2022) di tengah skandal pesta yang dilakukan orang nomor satu di UK itu.

Pemerintahan PM Johnson menghadapi krisis setelah publik marah dengan serangkaian pesta alkohol dan ulang tahun yang digelar di kediaman resmi Perdana Menteri Inggris, Downing Street.

Pasalnya, semua pesta itu dilakukan saat Inggris memberlakukan lockdown untuk mengantisipasi Covid-19.

Dilansir Reuters, anggota parlemen dari Partai Konservatif yang menaungi Johnson marah dengan laporan ini dan menyerukan PM untuk mundur dari jabatan.

Baca juga: Boris Johnson Minta Maaf setelah Gelaran Pestanya saat Lockdown Terungkap ke Publik

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson akan Telepon Putin untuk Hentikan Invasi Rusia ke Ukraina

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memberi isyarat saat ia menghadiri briefing media tentang pembaruan Covid-19 terbaru di ruang pengarahan Downing Street, London pusat pada 27 November 2021. - Inggris akan mewajibkan semua penumpang yang tiba untuk mengisolasi sampai mereka dapat menunjukkan PCR negatif tes terhadap Covid-19, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Sabtu setelah strain Omicron baru muncul. (Photo by Hollie Adams / POOL / AFP)
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memberi isyarat saat ia menghadiri briefing media tentang pembaruan Covid-19 terbaru di ruang pengarahan Downing Street, London pusat pada 27 November 2021. - Inggris akan mewajibkan semua penumpang yang tiba untuk mengisolasi sampai mereka dapat menunjukkan PCR negatif tes terhadap Covid-19, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Sabtu setelah strain Omicron baru muncul. (Photo by Hollie Adams / POOL / AFP) (AFP/HOLLIE ADAMS)

Pada Kamis (3/2/2022), tiga ajudan utama perdana menteri, Kepala Staf Dan Rosenfield, Sekretaris Utama Pribadi Martin Reynolds, dan Direktur Komunikasi Jack Doyle mengundurkan diri.

Downing Street mengkonfirmasi kepergian Rosenfield dan Reynolds dalam sebuah pernyataan singkat.

"Dan Rosenfield menawarkan pengunduran dirinya kepada perdana menteri hari ini, yang telah diterima," katanya.

BERITA REKOMENDASI

"Martin Reynolds juga memberi tahu perdana menteri tentang niatnya untuk mundur dari perannya sebagai sekretaris pribadi utama dan perdana menteri telah menyetujui hal ini."

"Dia (PM Johnson) berterima kasih kepada mereka berdua atas kontribusi signifikan mereka kepada pemerintah dan No 10, termasuk bekerja pada respons pandemi dan pemulihan ekonomi," ujar Downing Street.

The Guardian melaporkan, Rosenfield, Reynolds, dan Doyle terlibat dalam pesta yang digelar PM di kediaman resminya.

Mantan Sekretaris Utama Pribadi Martin Reynolds dilaporkan mengirim email kepada para pejabat untuk membawa minuman (miras) sendiri di sebuah pesta pada 20 Mei 2020.

Downing Street mengatakan, Rosenfield dan Reynolds akan tetap berada di kantor untuk sementara waktu.

Halaman depan surat kabar Evening Standard menyoroti isu yang sedang dipertimbangkan pemerintah untuk mewajibkan semua pengunjung ke Inggris harus dikarantina di sebuah hotel. Foto diambil di luar stasiun kereta Victoria di pusat kota London pada 25 Januari 2021.
Halaman depan surat kabar Evening Standard menyoroti isu yang sedang dipertimbangkan pemerintah untuk mewajibkan semua pengunjung ke Inggris harus dikarantina di sebuah hotel. Foto diambil di luar stasiun kereta Victoria di pusat kota London pada 25 Januari 2021. (Hollie Adams / AFP)

Diketahui skandal pesta yang dilakukan pemerintah tinggi Inggris ini tengah diselidiki Polisi Metropolitan.

Sebelumnya, staf lama PM Johnson, Munira Mirza menjadi orang pertama yang mengundurkan diri.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas