Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gelar Latihan Militer Bersama, Rusia dan Belarusia Cegat Pesawat Penyusup

Pesawat tempur Su-35S Rusia dan jet tempur Su-30SM Belarusia berlatih mencegat pesawat penyusup selama penerbangan di dekat Belarusia.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Gelar Latihan Militer Bersama, Rusia dan Belarusia Cegat Pesawat Penyusup
Kirill KUDRYAVTSEV / AFP
Pesawat tempur Sukhoi Su-35S Rusia, jet tempur militer Su-34 dan jet tempur Su-30SM terbang dalam formasi di atas pusat kota Moskow selama parade militer Hari Kemenangan pada 9 Mei 2021. Rusia merayakan ulang tahun ke-76 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang dunia II. 

TRIBUNNEWS.COM - Pesawat tempur Su-35S Rusia dan jet tempur Su-30SM Belarusia berlatih mencegat pesawat penyusup selama penerbangan di dekat Baranovichi di Wilayah Brest Belarusia, Jumat (11/2/2022).

Melansir kantor berita TASS, aksi tersebut merupakan bagian dari latihan bersama Union Resolve 2022, jelas Kementerian Pertahanan Belarusia.

"Di udara, pilot mempraktikkan beberapa elemen: mencegat pesawat penyusup dan melakukan pertempuran udara," kata Kementerian itu dalam sebuah pernyataan.




Latihan bersama Union Resolve 2022 Rusia-Belarus berlangsung di wilayah Belarusia pada 10-20 Februari.

Baca juga: Situasi Rusia-Ukraina Semakin Memanas, Pemerintah RI Rencanakan Evakuasi WNI

Baca juga: Konflik Rusia Ukraina Memanas, Vladimir Putin Menambah Pasukan di Perbatasan

Pesawat tempur Sukhoi Su-35S Rusia, jet tempur militer Su-34 dan jet tempur Su-30SM
Pesawat tempur Sukhoi Su-35S Rusia, jet tempur militer Su-34 dan jet tempur Su-30SM terbang dalam formasi di atas pusat kota Moskow selama parade militer Hari Kemenangan pada 9 Mei 2021. Rusia merayakan ulang tahun ke-76 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang dunia II.

Pasukan yang berpartisipasi berlatih memerangi dan memukul mundur agresi eksternal, melawan terorisme dan melindungi kepentingan Negara Serikat.

Seperti yang dilaporkan Kementerian Pertahanan Rusia, selama latihan bersama, pasukan berlatih memperkuat perbatasan negara di daerah-daerah potensial dari penetrasi ilegal geng-geng bersenjata ke wilayah Belarus.

Mereka juga menutup saluran pasokan senjata, amunisi, dan sarana lain yang dapat digunakan untuk mengacaukan situasi di negara itu, menghilangkan geng-geng bersenjata yang dilarang dan kelompok-kelompok subversif dan pengintaian musuh.

BERITA TERKAIT

Pasukan sedang berlatih operasi gabungan mereka di tempat pelatihan Domanovsky, Gozhsky, Obuz-Lesnovsky, Brestsky dan Osipovichsky di Belarus.

Lapangan terbang Baranovichi, Luninets, Lida dan Machulishchi juga terlibat dalam latihan tersebut.

Baca juga: Ancaman Perang Rusia-Ukraina Bikin Harga Minyak Naik ke 100 Dolar AS

Baca juga: Kemlu RI Siapkan Rencana Kontijensi Evakuasi WNI dari Ukraina

Gambar selebaran ini milik Angkatan Darat AS menunjukkan Prajurit AS dengan Skuadron ke-2, Resimen Kavaleri ke-2 memuat kendaraan lapis baja Stryker ke sebuah truk di Lapangan Udara Rose Barracks Komando Pelatihan Angkatan Darat ke-7, Vilseck, Jerman, 9 Februari 2022. Skuadron akan dikerahkan ke Rumania dalam beberapa hari mendatang untuk menambah lebih dari 900 anggota pasukan AS yang sudah ada di Rumania. Langkah ini dirancang untuk menanggapi situasi keamanan saat ini dan untuk memperkuat sikap pencegahan dan pertahanan di sisi timur NATO. Presiden AS Joe Biden mengumumkan pekan lalu bahwa ia mengirim 1.000 tentara ke Rumania dan 2.000 ke Polandia, karena Rusia menolak untuk menarik kembali pasukan yang ditempatkan di perbatasan Ukraina. (Photo by Gertrud Zach / US ARMY / AFP)
Gambar selebaran ini milik Angkatan Darat AS menunjukkan Prajurit AS dengan Skuadron ke-2, Resimen Kavaleri ke-2 memuat kendaraan lapis baja Stryker ke sebuah truk di Lapangan Udara Rose Barracks Komando Pelatihan Angkatan Darat ke-7, Vilseck, Jerman, 9 Februari 2022. Skuadron akan dikerahkan ke Rumania dalam beberapa hari mendatang untuk menambah lebih dari 900 anggota pasukan AS yang sudah ada di Rumania. Langkah ini dirancang untuk menanggapi situasi keamanan saat ini dan untuk memperkuat sikap pencegahan dan pertahanan di sisi timur NATO. Presiden AS Joe Biden mengumumkan pekan lalu bahwa ia mengirim 1.000 tentara ke Rumania dan 2.000 ke Polandia, karena Rusia menolak untuk menarik kembali pasukan yang ditempatkan di perbatasan Ukraina. (Photo by Gertrud Zach / US ARMY / AFP) (AFP/GERTRUD ZACH)

Tambah pasukan di perbatasan

Sementara itu, ketegangan antara Ukraina dan Rusia semakin memanas.

Diberitakan sebelumnya, Rusia menambah pasukannya di perbatasan Ukraina.

Jenderal Oleksandr Syrskyi mengatakan kepada Sky News, pasukan Rusia siap dan mampu, namun "kami tidak akan menyerahkan satu meter pun tanah Ukraina tanpa perlawanan".

Dia memperkirakan jumlah tentara Rusia saat ini di sekitar perbatasan negaranya menjadi sekitar 120.000

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas