Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Rusia Puji Liputan Fox News tentang Perang di Ukraina: Sajikan Sudut Pandang Alternatif

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memuji Fox News atas liputannya tentang perang di Ukraina selama wawancara di studio dengan jaringan RT.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Daryono
zoom-in Menlu Rusia Puji Liputan Fox News tentang Perang di Ukraina: Sajikan Sudut Pandang Alternatif
Sky News
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memuji Fox News atas liputannya tentang perang di Ukraina selama wawancara di studio dengan jaringan RT yang dikendalikan negara Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memuji liputan Fox News tentang perang di Ukraina.

Dikutip The Guardian, liputan Fox News tayang di jaringan RT, media yang dikendalikan Rusia.

Pembawa acara primetime Fox News, Tucker Carlson disebut mengecilkan invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami tahu tata krama dan trik yang digunakan oleh negara-negara Barat untuk memanipulasi media, kami memahami sejak lama bahwa tidak ada yang namanya media Barat yang independen," kata Lavrov, berbicara dalam bahasa Inggris di sebuah wawancara studio, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Tentara Rusia Dikabarkan Tembak Kaki Sendiri agar Tak Bertarung dengan Ukraina

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Tak Terlalu Berdampak, BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi Domestik Masih Kuat

Sergei Lavrov
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. (Sky News)

"Jika Anda melihat Amerika Serikat, hanya Fox News yang mencoba menyajikan beberapa sudut pandang alternatif," puji Lavrov.

Dia juga mengecam larangan media sosial mantan presiden Donald Trump dan mengambil pengecualian untuk deskripsi perusuh 6 Januari sebagai teroris.

"Ini adalah perang, dan ini adalah perang yang melibatkan metode terorisme informasi," katanya.

Baca juga: Vladimir Putin: Tujuan Utama Operasi Rusia di Ukraina Adalah Membebaskan Donbass Dari Genosida

Baca juga: Ukraina Tembakkan Rudal Toskha ke Donbass, Presiden Putin Sindir Kanselir Jerman Olaf Scholz

Presiden Rusia Vladimir Putin menyapa penonton saat menghadiri konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia di stadion Luzhniki di Moskow. (18 Maret 2022).  (Alexander VILF/POOL/ AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin menyapa penonton saat menghadiri konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia di stadion Luzhniki di Moskow. (18 Maret 2022). (Alexander VILF/POOL/ AFP) (AFP/ALEXANDER VILF)
BERITA TERKAIT

Motherjones, sebuah media Rusia secara teratur memutar klip Carlson yang mengkritik AS dan Ukraina, dan dia masih memuji Presiden Vladimir Putin beberapa jam sebelum Rusia menginvasi Ukraina hampir empat minggu lalu.

Sebaliknya, ketika pemboman Moskow meningkat, permintaan maaf Rusia oleh banyak pembawa acara, komentator, dan tamu Fox dikoreksi di udara oleh koresponden keamanan nasional jaringan itu sendiri, Jennifer Griffin.

Efek layar terpisah mental hanya dipertajam awal pekan ini ketika tim berita Fox di lapangan di Ukraina berada di bawah tembakan Rusia di garis depan.

Al Jazeera melaporkan, kameramen Pierre Zakrzewski dan produser Oleksandra Kuvshynova keduanya tewas dalam serangan Rusia di luar ibukota Ukraina, Kyiv.

Baca juga: Analisis Pakar Politik, Cina Bakal Reguk Keuntungan Besar dari Konflik Rusia-Ukraina

Baca juga: Menteri Luar Negeri Retno: Evakuasi 9 WNI di Chernihiv, Ukraina Sangat Tidak Mudah

Petugas pemadam kebakaran mengeluarkan mayat seorang wanita dari gedung apartemen yang hancur di Kyiv pada 15 Maret 2022, setelah serangan di daerah perumahan menewaskan sedikitnya dua orang, layanan darurat Ukraina mengatakan ketika pasukan Rusia meningkatkan serangan mereka di ibukota Ukraina. - Serangkaian ledakan dahsyat mengguncang distrik perumahan di Kyiv pagi ini menewaskan dua orang, hanya beberapa jam sebelum pembicaraan antara Ukraina dan Rusia akan dilanjutkan. (Photo by Aris Messinis / AFP)
Petugas pemadam kebakaran mengeluarkan mayat seorang wanita dari gedung apartemen yang hancur di Kyiv pada 15 Maret 2022, setelah serangan di daerah perumahan menewaskan sedikitnya dua orang, layanan darurat Ukraina mengatakan ketika pasukan Rusia meningkatkan serangan mereka di ibukota Ukraina. - Serangkaian ledakan dahsyat mengguncang distrik perumahan di Kyiv pagi ini menewaskan dua orang, hanya beberapa jam sebelum pembicaraan antara Ukraina dan Rusia akan dilanjutkan. (Photo by Aris Messinis / AFP) (AFP/ARIS MESSINIS)

Koresponden Benjamin Hall terluka parah dalam insiden itu.

Komentar Lavrov pada Jumat datang ketika enam negara barat menuduh Moskow menggunakan Dewan Keamanan PBB untuk mencuci disinformasi dan menyebarkan propaganda, setelah diplomat Rusia kembali mengangkat tuduhan bahwa AS terlibat dalam senjata biologis, yang telah berulang kali dibantah oleh Washington dan Ukraina.

Para diplomat Barat mengecam klaim tersebut, dengan duta besar Inggris untuk PBB, Barbara Woodward, menyebut taktik Rusia sebagai "disinformasi orang-orang yang putus asa".

Baca juga: Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin Sebut Perang Rusia-Ukraina Bisa Pengaruhi APBN

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas