Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kota Mariupol Hancur Lebur dan Makin Kritis, Komandan Tentara Ukarina Serukan Evakuasi

Komandan Ukraina meminta adanya upaya evakuasi oleh internasional di pabrik Mariupol karena situasinya kini "kritis".

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Kota Mariupol Hancur Lebur dan Makin Kritis, Komandan Tentara Ukarina Serukan Evakuasi
CFP/Newsaf.cgtn
KOTA MARIUPOL HANCUR LEBUR - Warga Kota Mariupol berjalan kaki menyeret troli belanjaan di antara puing-puing gedung dan kendaraan serta infrastruktur kota yang hancur lebur oleh gempuran tentara Rusia, 16 April 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, MARIUPOL - Situasi Kota Mariupol kini makin kritis setelah berminggu-minggu dikepung oleh tentara Rusia. Posisi tentara Ukraina dan gerilyawan semakin terjepit.

Komandan Ukraina meminta adanya upaya evakuasi oleh internasional di pabrik Mariupol karena situasinya kini "kritis".

Mayor Serhii Volyna, komandan Brigade Marinir Terpisah ke-36 Ukraina dalam wawancara dengan CNN dari kota Mariupol yang terkepung Selasa malam meminta agar negara ketiga menyediakan evakuasi bagi pasukan dan warga sipil yang terperangkap di pabrik baja Azovstal di bawah pemboman berat Rusia.

"Saya punya pernyataan kepada dunia. Ini mungkin pernyataan terakhir saya, karena kita hanya memiliki beberapa hari, atau bahkan beberapa jam, tersisa. Kami mengimbau para pemimpin dunia untuk menerapkan prosedur ekstraksi kepada militer garnisun Mariupol, kepada warga sipil yang bersama kami di sini di pabrik," ujarnya.

"Kami meminta Anda untuk membawa kami ke wilayah negara ketiga dan memberi kami keamanan," lanjutnya.

Pasukan Ukraina di dalam kota yang terkepung telah berkonsolidasi di sekitar pabrik baja besar Azovstal.

Pejabat Ukraina mengatakan ratusan warga sipil berlindung di ruang bawah tanah pabrik baja besar itu. Seorang pejabat polisi Mariupol mengatakan kepada CNN bahwa persediaan makanan dan air berkurang di tengah pemboman berat.

Orang-orang berjalan di pusat Mariupol pada 12 April 2022, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan strategis itu, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia mengajukan kasus menantang untuk perang terhadap tetangga Rusia itu. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP)
Warga berjalan di pusat kota Mariupol pada 12 April 2022, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan strategis itu, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia mengajukan kasus menantang untuk perang terhadap tetangga Rusia itu. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP) (AFP/ALEXANDER NEMENOV)
BERITA TERKAIT

Ditanya bagaimana evakuasi dapat difasilitasi, Volyna mengatakan, "Ini harus pada tingkat kesepakatan."

"Jika kita berbicara tentang aplikasi praktis, itu bisa menjadi kapal dengan helikopter, misalnya, yang bisa menjemput kita. Atau misi kemanusiaan internasional. yang dapat datang kepada kami dan menjamin keamanan kami dan menemani kami dalam perjalanan ke negara yang akan membuat komitmen tersebut," ujarnya.

Volyna menggambarkan situasi di pabrik itu sebagai "kritis", dengan sejumlah besar tentara yang terluka dan perawatan medis yang terbatas.

"Kami benar-benar terkepung," katanya.

Baca juga: Dibombardir Rusia, Zelensky Klaim Situasi di Kota Pelabuhan Mariupol Masih Brutal

“Ada sekitar 500 militer yang terluka, sangat sulit untuk memberi mereka perawatan medis. Mereka benar-benar membusuk. Ada warga sipil di wilayah itu. Mereka juga menderita ledakan, ledakan di sebelah mereka. Mereka (tengtara Rusia) menggunakan bom pesawat berat untuk melawan kami dan serang dengan artileri."

Baca juga: Pasukan Rusia Tembaki Pabrik Baja Azovstal di Mariupol Tempat Berlindung Ratusan Orang Ukraina

"Ini terjadi sepanjang waktu. Kota ini hancur. Kelompok musuh melebihi jumlah kami puluhan kali, mereka memiliki keunggulan lengkap di udara, artileri, peralatan, tenaga kerja. Kami berjuang sampai akhir, tetapi kami hanya memiliki sedikit waktu tersisa," dia dilanjutkan.

Komandan Ukraina memperkirakan bahwa ada "ratusan warga sipil" yang berlindung di wilayah pabrik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas