Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Kerahkan 29 Pesawat Tempur ke Zona Pertahanan Udara Taiwan

Sejumlah 29 pesawat tempur China dikerahkan ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada Selasa (21/6/2022).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Miftah
zoom-in China Kerahkan 29 Pesawat Tempur ke Zona Pertahanan Udara Taiwan
Pixabay/SW1994
Bendera China. Sejumlah 29 pesawat tempur China dikerahkan ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada Selasa (21/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah 29 pesawat tempur China dikerahkan ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada Selasa (21/6/2022), menurut Kementerian Pertahanan pulau itu.

Dilansir CNN, Kementerian Pertahanan mengatakan pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) terdiri dari jet tempur, pesawat peringatan dini dan kontrol, pesawat perang elektronik, pesawat anti-kapal selam, pesawat intelijen elektronik, dan pesawat pengisian bahan bakar udara.

Ini merupakan jumlah harian tertinggi ketiga jet China yang memasuki ADIZ Taiwan sejak awal tahun.

Kurang dari sebulan lalu, BBC melaporkan China mengirim 30 pesawat tempur dalam misi serupa.

Baca juga: 29 Pesawat China Masuk Zona Pertahanannya, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

Baca juga: Taiwan Setuju Fee Agency untuk Pekerja Migran Indonesia Dihilangkan

Bendera China.
Bendera China. (Pixabay/SW1994)

Tanggapan militer Taiwan

Sebagai tanggapan, militer Taiwan mengerahkan pesawat tempur untuk memperingatkan jet China agar menjauh, mengeluarkan peringatan radio dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk memantau kegiatan tersebut, tambah Kementerian Pertahanan.

Jet tempur J-11 China termasuk di antara pesawat tempur yang terbang di dekat Taiwan pada hari Selasa, menurut Kementerian Pertahanan pulau itu.

Pesawat jet tempur China buatan Rusia, Su-30, dilaporkan berada di antara pesawat yang terbang di atas barat daya Taiwan pada hari Kamis.
Ilustrasi. Pesawat jet tempur China buatan Rusia, Su-30, dilaporkan berada di antara pesawat yang terbang di atas barat daya Taiwan. (Liu Jin/AFP)
BERITA REKOMENDASI

Tiongkok menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya

Taiwan dan China daratan telah diperintah secara terpisah sejak Nasionalis yang kalah mundur ke pulau itu pada akhir perang saudara China lebih dari 70 tahun yang lalu.

Tetapi Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang berkuasa di Tiongkok memandang pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya - meskipun tidak pernah mengendalikannya.

Beijing tidak mengesampingkan kekuatan militer untuk merebut Taiwan dan terus menekan pulau demokrasi itu selama beberapa tahun terakhir dengan penerbangan pesawat perang yang sering ke ADIZ pulau itu.

ADIZ diberlakukan secara sepihak dan berbeda dari wilayah udara berdaulat, yang didefinisikan menurut hukum internasional sebagai perluasan 12 mil laut dari garis pantai suatu wilayah.

Administrasi Penerbangan Federal AS mendefinisikannya sebagai "daerah yang ditunjuk dari wilayah udara di atas tanah atau air di mana suatu negara memerlukan identifikasi langsung dan positif, lokasi dan kontrol lalu lintas udara dari pesawat untuk kepentingan keamanan nasional negara itu."

Baca juga: 29 Pesawat China Masuk Zona Pertahanannya, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

Baca juga: Taiwan Setuju Fee Agency untuk Pekerja Migran Indonesia Dihilangkan

Ketegangan di Selat Taiwan

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas