Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berita Foto : Pelantikan Ferdinand Marcos Jr Menjadi Presiden Filipina

Putra mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos Jr, resmi menjadi presiden baru Filipina usai pelantikan pada Kamis 30 Juni 2022.

Penulis: Herudin
zoom-in Berita Foto : Pelantikan Ferdinand Marcos Jr Menjadi Presiden Filipina
AFP/TED ALJIBE
Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. (tengah) melambai kepada para pendukungnya saat para putranya menyaksikan setelah dilantik sebagai pemimpin baru negara itu, dalam upacara peresmian di Museum Nasional di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Ted ALJIBE / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, MANILA - Filipina memiliki presiden baru setelah Ferdinand Marcos Jr, putra mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos, dilantik di Museum Nasional Manila pada Kamis 30 Juni 2022.

Seorang pendukung memegang potret Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. saat ia dilantik sebagai pemimpin baru negara itu, pada upacara pelantikannya di Museum Nasional di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by JAM STA ROSA / AFP)
Seorang pendukung memegang potret Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. saat ia dilantik sebagai pemimpin baru negara itu, pada upacara pelantikannya di Museum Nasional di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by JAM STA ROSA / AFP) (AFP/JAM STA ROSA)

Ferdinand Marcos Jr, yang akrab disapa Bongbong mengucap sumpah di hadapan ratusan perwakilan pemerintahan lokal dan asing.

Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. (kiri) mengambil sumpah presiden Filipina sebagaimana disaksikan istrinya Louise (tengah) dan putranya Joseph (kanan), selama upacara peresmian di Museum Nasional di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. (kiri) mengambil sumpah presiden Filipina sebagaimana disaksikan istrinya Louise (tengah) dan putranya Joseph (kanan), selama upacara peresmian di Museum Nasional di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Ted ALJIBE / AFP) (AFP/TED ALJIBE)

Dalam pidatonya usai pelantikan, Bongbong memuji ayahnya yang bekerja lebih keras ketimbang pendahulu-pendahulunya yang menjadi pemimpin sejak Filipina merdeka.

Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. tiba di Istana Kepresidenan Malacanang di Manila pada 30 Juni 2022.
 (Photo by Maria Tan / AFP)
Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. tiba di Istana Kepresidenan Malacanang di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Maria Tan / AFP) (AFP/MARIA TAN)

Selama masa kampanye Bongbong terus meminta publik untuk tidak menyandingkan dia dengan ayahnya yang punya rekam jejak keji. Ia juga menyerukan persatuan dan menekankan bahwa akan menjadi presiden untuk seluruh rakyat.

Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. meninjau pengawal kehormatan setelah tiba di istana kepresidenan Malacanang, setelah upacara pelantikannya di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Maria Tan / AFP)
Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. meninjau pengawal kehormatan setelah tiba di istana kepresidenan Malacanang, setelah upacara pelantikannya di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Maria Tan / AFP) (AFP/MARIA TAN)

Namun, analis politik menganggap Bongbong akan sulit mewujudkan janji itu karena banyak warga masih trauma dengan kepemimpinan dimasa ayahnya.

Pegawai pemerintah mengibarkan bendera nasional mereka saat mereka menunggu kedatangan Presiden Filipina mereka yang baru Ferdinand Marcos Jr. di istana kepresidenan Malacanang, setelah upacara pelantikannya di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Maria Tan / AFP)
Pegawai pemerintah mengibarkan bendera nasional mereka saat mereka menunggu kedatangan Presiden Filipina mereka yang baru Ferdinand Marcos Jr. di istana kepresidenan Malacanang, setelah upacara pelantikannya di Manila pada 30 Juni 2022. (Photo by Maria Tan / AFP) (AFP/MARIA TAN)

Lihat foto lainnya klik di sini : Pelantikan ferdinand marcos jr menjadi presiden filipina

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas