Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Retno: Indonesia Bertanggungjawab Jadikan Asia Tenggara Kawasan yang Damai, Stabil dan Makmur

Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi menyinggung kekuatan ekonomi Indonesia dibandingkan negara-negara Asia Tenggara.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Menlu Retno: Indonesia Bertanggungjawab Jadikan Asia Tenggara Kawasan yang Damai, Stabil dan Makmur
Tribunnews/Rizki Sandi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di acara press briefing via virtual, Kamis (21/7/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi menyinggung kekuatan ekonomi Indonesia dibandingkan negara-negara Asia Tenggara.

Retno menyatakan, dari kekuatan tersebut, Indonesia memiliki tanggung jawab dalam menjadikan kawasan Asia Tenggara atau ASEAN sebagai kawasan yang makmur di Pasifik.

"Sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki tanggungjawab untuk terus berkontribusi dalam upaya menjadikan kawasan Asia Tenggara and beyond yaitu kawasan induk Pasifik sebagai kawasan damai stabil dan makmur," kata Retno saat press briefing secara daring, Kamis (21/7/2022).

Salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia yakni dengan melakukan kunjungan-kunjungan ke beberapa negara, khusus untuk membahas sektor ekonomi.

Terdekat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi China, Jepang dan Korea Selatan pada 26-28 Juli mendatang.

Terlebih saat ini, kata Retno, kondisi beberapa negara di dunia sedang memanas, oleh karenanya, Indonesia memiliki peran besar dalam menebarkan semangat perdamaian.

BERITA REKOMENDASI

"Di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas yang tidak sehat dan semakin lunturnya nilai multilateralisme, Indonesia justru akan lebih giat menjalin kerjasama dan menebarkan spirit solidaritas dan perdamaian," tukas dia.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan melakukan kunjungan ke tiga negara pada 26-28 Juli 2022.

Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Jokowi akan mengunjungi Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan.

"Rencana kunjungan Presiden RI ke Beijing akan dilakukan pada tanggal 26 Juli 2022 sementara ke Tokyo tanggal 27 Juli 2022 dan ke Seoul tanggal 28 Juli 2022," kata Retno saat press briefing secara daring, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Jokowi Bahas Isu Kawasan dan Isu Internasional saat Bertemu Pimpinan Jepang, China dan Korsel

Retno menyatakan, kunjungan Jokowi ke tiga negara tersebut guna membahas perkembangan kerjasama di sektor ekonomi.

Khususnya kata dia, berkaitan dengan perdagangan dan investasi ke tiga negara tersebut di Indonesia.

"Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi khususnya di bidang perdagangan dan investasi," ucap Retno.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas