Tribun

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak

Biaya Keamanan Upacara Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Jepang Shinzo Abe Diperkirakan Capai 3,5 M Yen

Pemerintah Jepang memperkirakan biaya untuk keamanan dalam upacara pemakaman kenegaraan Shinzo Abe pada 27 September mendatang mencapai 3,5 miliar yen

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Biaya Keamanan Upacara Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Jepang Shinzo Abe Diperkirakan Capai 3,5 M Yen
Richard Susilo
Foto mantan PM Jepang Shinzo Abe. Pemerintah Jepang memperkirakan biaya untuk keamanan dalam upacara pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe pada 27 September mendatang mencapai angka 3,5 miliar yen. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang memperkirakan biaya untuk keamanan dalam upacara pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe pada 27 September mendatang mencapai angka 3,5 miliar yen.

Namun jumlah ini belum dipastikan karena masih terus dihitung dan disesuaikan dengan tamu diplomat asing yang akan hadir dalam pemakaman kenegaraan Shinzo Abe.

Sementara itu biaya upacara pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe sekitar 250 juta yen.

"Kita masih menunggu jawaban tamu diplomat asing yang akan hadir pada pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe. Kalau sudah tahu ada kepastian jumlahnya yang akan datang serta rinciannya, barulah bisa dihitung," papar Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam jumpa pers, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Apa Saja Warisan Mantan PM Jepang Shinzo Abe di Bidang Kebijakan Keamanan?

Diperkirakan jumlah biaya keamanan akan mencapai miliaran yen untuk menjaga para tamu diplomat asing yang akan ke Jepang pada upacara pemakaman mantan PM Jepang Shinzo Abe 27 September mendatang.

"Perkirakan biaya keamanan 3,5 miliar yen," ungkap Engaku Katsumaru, mantan penyelidik Departemen Keamanan Publik Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo.

Polisi telah diputuskan bersalah karena kekurangan keamanan saat peristiwa penembakan Shinzo Abe.

Selain itu, pemakaman kenegaraan akan dihadiri oleh banyak pejabat dari luar negeri, termasuk Perdana Menteri Justin Trudeau dari Kanada, mantan Presiden Barack Obama dari Amerika Serikat, dan mantan Kanselir Angela Merkel dari Jerman.

Seorang pensiunan anggota Departemen Kepolisian Metropolitan menunjukkan bahwa sistem keamanan akan diperkuat ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Sejak mantan Perdana Menteri Shinzo Abe terbunuh, langkah-langkah pasti akan diambil untuk memperkuat keamanan. Jumlah petugas polisi dan anggaran akan melebihi anggaran Kaisar Showa," tambah Katsumaru.

Biaya keamanan untuk "Upacara Pemakaman" Kaisar Showa berjumlah sekitar 2,4 miliar yen.

Sedangkan Katsumaru memperkirakan 3,5 miliar yen.

Baca juga: Bunga Dijital Dari Pengusaha Muda Jepang Buat Almarhum Shinzo Abe Mulai 25 Agustus

"Itu untuk pemakaman kenegaraan. Mungkin diperlukan untuk biaya keamanan saja. Ada kemungkinan akan melebihi 3,5 miliar yen," paparnya.

"Mengenai Gereja Unifikasi, kami telah mengkonfirmasi isi instruksi yang diberikan kepada Sekretaris Jenderal Motegi minggu lalu, seperti menjadikannya sebagai kebijakan dasar partai untuk memutuskan hubungan dengan organisasi, dan memastikan bahwa semua anggota Diet secara menyeluruh," ungkap PM Kishida.

"Selain itu, kami ingin dengan tulus menerima berbagai pendapat dan kritik mengenai pemakaman kenegaraan, dan kembali ke niat awal administrasi dan memberikan penjelasan yang menyeluruh."

"Oleh karena itu, saya menginstruksikan sekretaris jenderal dan yang lainnya untuk mempersiapkan kesempatan bagi saya untuk menghadiri Diet sesegera mungkin dan menjawab pertanyaan tentang pemakaman nasional dengan cara yang dapat dilihat oleh publik. Saya ingin meminta kerja sama dari pihak oposisi," kata dia.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas