Tribun

Mahasiswi Asal Jepang Kembangkan Bisnis Lipstik Alami, Riset 3 Tahun Saat Bersekolah SMA di Bali

Saat sekolah SMA di Bali sejak tahun 2016 hingga 2019, Tsuyuku Shiina melakukan riset membuat lipstik alamiah dengan bahan-bahan alam dari Bali.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Mahasiswi Asal Jepang Kembangkan Bisnis Lipstik Alami, Riset 3 Tahun Saat Bersekolah SMA di Bali
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Tsuyuki Shiina (21), mahasiswi Universitas Keio Jepang yang berhasil mengembangkan dan membuat lipstik dari risetnya selama di Bali Indonesia. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tsuyuki Shiina (21), seorang mahasiswi asal Jepang berhasil mengembangkan serta menjual lipstik alamiah.

"Sejak kecil saya memang sangat mencintai alam. Ibu memperkenankan pergi ke Bali, sekolah di Green School selama 3 tahun SMA di sana, kembalik ke Jepang tahun 2019 langsung masuk Universitas Keio saat itu," ungkap Tsuyuki Shiina kepada Tribunnews.com, Rabu (21/9/2022).

Saat sekolah SMA di Bali sejak tahun 2016 hingga 2019, Tsuyuku Shiina melakukan riset membuat lipstik alamiah dengan bahan-bahan alam dari Bali.

Dia dibantu oleh gurunya, Rahayu.

Baca juga: Harga Kosmetik di AS Melambung Gara-gara Mulai Normalnya Aktivitas Perkantoran

"Tidak ada unsur kimia sama sekali, semua saya riset dan kembangkan sendiri bersama ibu Rahayu dan lainnya yang sangat baik membantu riset saya itu," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan dana pengembangan risetnya?

"Sebanyak 20 persen saya dapat gratis dari sekolah dan 80% dipinjamkan dari sekolah tanpa bunga. Setelah saya lulus sekolah di Bali uang pinjaman itu saya kembalikan semua ke sekolah. Totalnya sekitar 100.000 yen," paparnya.

Shiina juga menyatakan pinjaman itu baru pertama kali diberikan kepada murid sekolahnya itu.

"Semua heran saya dapat pinjaman karena selama ini tak pernah ada. Pemberian juga kepada saya orang Jepang. Mungkin karena dipercaya bisa mengembalikan makanya dipinjamkan. Dan saat pengembalian pinjaman pun banyak yang kaget juga dan memuji saya menepati janji mengembalikan uang pinjaman tepat waktunya. Kepercayaan itu sangat penting dan harus dijaga dengan baik," ujar dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas