Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekjen PBB Kutuk Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia: Tidak Memiliki Nilai Hukum

Sekretaris jenderal PBB memperingatkan bahwa rencana Rusia untuk mencaplok empat wilayah Ukraina tidak memiliki nilai hukum dan pantas untuk dikutuk.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Daryono
zoom-in Sekjen PBB Kutuk Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia: Tidak Memiliki Nilai Hukum
AFP
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres - Sekretaris jenderal PBB memperingatkan rencana Rusia mencaplok empat wilayah Ukraina tidak memiliki nilai hukum. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris jenderal PBB memperingatkan bahwa rencana Rusia untuk mencaplok empat wilayah Ukraina akan menandai "eskalasi berbahaya" dalam perang di Ukraina.

Pecaplokan wilayah tersebut juga dinilai akan membahayakan prospek perdamaian.

"Setiap keputusan untuk melanjutkan pencaplokan wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhia di Ukraina tidak akan memiliki nilai hukum dan pantas untuk dikutuk," kata Antonio Guterres kepada wartawan di markas besar PBB di New York City, Kamis (29/9/2022).

Lebih dari tujuh bulan sejak menginvasi negara tetangga Ukraina, Rusia siap untuk mencaplok empat wilayah Ukraina setelah mengadakan referendum di sana selama seminggu terakhir.

Referendum tersebut dikecam oleh pemerintah di Kyiv dan sekutu Baratnya sebagai ilegal.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Kamis bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menandatangani perjanjian aneksasi pada hari Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Putin Akui Kemerdekaan Dua wilayah Ukraina Jelang Upacara Pencaplokan

“Saya ingin menggarisbawahi bahwa apa yang disebut referendum dilakukan selama konflik bersenjata aktif di daerah-daerah di bawah pendudukan Rusia dan di luar kerangka hukum dan konstitusional Ukraina."

BERITA REKOMENDASI

"Mereka tidak bisa disebut ekspresi asli dari kehendak rakyat,” kata Guterres, dikutip dari Al Jazeera.

Dia menggambarkan rencana pencaplokan wilayah tersebut tidak memiliki tempat di dunia modern.

“Kami berkomitmen penuh pada kedaulatan, persatuan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Ukraina di dalam perbatasan yang diakui secara internasional,” katanya.

Guterres juga menyerukan Rusia untuk mengurangi ketegangan.

“Sudah waktunya untuk mundur dari jurang” dan “mengakhiri perang yang menghancurkan dan tidak masuk akal ini”, tambahnya.

Rusia, salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, diberi mandat untuk menegakkan Piagam PBB, yang melarang ancaman atau penggunaan kekuatan dan memperjuangkan prinsip kedaulatan dan integritas teritorial.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken pada hari Kamis menuduh Rusia melakukan "perampasan tanah" dan berjanji lagi bahwa Amerika Serikat tidak akan pernah mengakui pencaplokan oleh Moskow.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken (AP News)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas