Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Rebut Sebagian Wilayah Kherson saat Zaporizhzhia Dihantam 7 Rudal Rusia

Ukraina merebut wilayah seluas lebih dari 500 kilometer persegi dan puluhan permukiman di Kherson saat tujuh rudal Rusia menghantam Zaporizhzhia.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Ukraina Rebut Sebagian Wilayah Kherson saat Zaporizhzhia Dihantam 7 Rudal Rusia
AFP/GENYA SAVILOV
Foto yang diambil di kota Zelenodolsk, Ukraina selatan pada 27 September 2022, menunjukkan penyimpanan ratusan sepeda, tetapi juga kereta dorong dan kursi roda anak-anak, milik orang-orang yang melarikan diri dari wilayah yang diduduki oleh pasukan Rusia di wilayah Kherson di tengah perang. - Ukraina merebut wilayah seluas lebih dari 500 kilometer persegi dan puluhan permukiman di Kherson saat tujuh rudal Rusia menghantam Zaporizhzhia. 

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina mengatakan telah merebut kembali sebagian besar wilayah dari pasukan Rusia di selatan negara, Al Jazeera melaporkan.

Pasukan Ukraina telah merebut kembali wilayah seluas lebih dari 500 kilometer persegi dan puluhan permukiman di wilayah Kherson selatan saja sejak Sabtu, kata Presiden Volodymyr Zelensky, Kamis (6/10/2022).

Zelesky mengatakan ada juga lebih banyak keberhasilan militer di timur.

Kemenangan medan perang yang dilaporkan di Kherson adalah yang terbaru dari serangkaian kekalahan Rusia yang merusak klaim Kremlin untuk mencaplok sekitar 20 persen Ukraina.

Juru bicara komando tentara selatan Natalia Gumeniuk mengatakan wilayah yang direbut kembali adalah rumah bagi hampir 30 kota dan desa yang telah diduduki oleh pasukan Rusia selama berbulan-bulan.

Kherson, sebuah wilayah dengan perkiraan populasi sebelum perang sekitar satu juta, direbut lebih awal dan mudah oleh pasukan Moskow setelah invasi dimulai pada 24 Februari 2022.

Baca juga: Perjalanan Vladimir Putin yang Ulang Tahun ke-70: Lahir di Keluarga Miskin, Kini Jadi Penguasa Rusia

Pejabat yang ditempatkan Rusia telah memperbarui seruan bagi penduduk di kawasan itu untuk tetap tenang dengan wakil pemimpin Kirill Stremousov mengatakan pasukan Kremlin menahan "kemajuan".

BERITA TERKAIT

Berpidato di pertemuan para kepala negara Eropa di Praha, Zelensky meminta pemerintah Barat untuk memasok pasukannya dengan lebih banyak senjata untuk menghukum agresor.

Dia mengatakan Ukraina harus menangkis invasi Moskow agar tank Rusia tidak maju ke Warsawa atau lagi di Praha.

Uni Eropa memberlakukan putaran terakhir sanksi terhadap Rusia, memperluas larangan perdagangan dan individu atas aneksasi resmi Moskow pada hari Jumat dari empat wilayah Ukraina.

Serangan Rudal di Zaporizhzhia

Kemajuan pasukan Ukraina di Kherson beriringan dengan tujuh rudal Rusia yang menghantam sebuah gedung apartemen di pusat Kota Zaporizhzhia, hanya 40 kilometer dari pertempuran artileri di front selatan.

Gubernur Oleksandr Starukh di wilayah Zaporizhia mengatakan dua wanita tewas, dan 12 orang terluka, termasuk seorang anak berusia tiga tahun.

Dia mengatakan lima orang masih berada di bawah reruntuhan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas