Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Dubes RI di Tiongkok Bicara Strategi Presiden Xi Jinping Jalin Kerjasama dengan Negara Lain

Soegeng Rahardjo mengatakan, hubungan Indonesia dan Tiongkok sangat dekat khususnya setelah kedua negara menandatangani kesepakatan hubungan antara

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Mantan Dubes RI di Tiongkok Bicara Strategi Presiden Xi Jinping Jalin Kerjasama dengan Negara Lain
tangkapan layar TVRI
Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui dua idiom klasik dalam menjalin kerjasama dengan negara lain yakni Jika Anda membuat rencana, Anda harus membuat rencana demi seluruh masyarakat, bukan rencana untuk kepentingan diri sendiri dan sulit bagi seseorang untuk bangkit sendirian, tetapi akan lebih mudah dan cepat jika bangkit bersama-sama. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Soegeng Rahardjo mengatakan, hubungan Indonesia dan Tiongkok sangat dekat khususnya setelah kedua negara menandatangani kesepakatan hubungan antara kedua negara di level kemitraan strategis pada tahun 2013 yang lalu.

Kemitraan strategis yang dibuat tahun 2013 menjadi titik  penting dalam perkembangan hubungan kedua negara yang cukup baik.

"Akhir-akhir ini kerja sama dalam menanggulangi Covid-19 juga membuktikan hubungan kedua negara sangat baik," kata Soegeng saat menjadi narasumber talkshow Idiom Klasik dari Xi Jinping episode ke-1 yang ditayangkan di TVRI belum lama ini.

Berdasarkan pengamatan Soegeng, pemerintah negara Tiongkok mementingkan kerja sama antarnegara dan menang bersama.

Itu telah ditunjukkan Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui dua idiom klasik yang dikutip saat berpidato.

"Dua idiom yang dimaksud adalah Jika Anda membuat rencana, Anda harus membuat rencana demi seluruh masyarakat, bukan rencana untuk kepentingan diri sendiri dan sulit bagi seseorang untuk bangkit sendirian, tetapi akan lebih mudah dan cepat jika bangkit bersama-sama," katanya.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan sama, Sukron Makmun, intelektual muda NU dalam acara tersebut mengatakan, sebenarnya kecerdasan-kecerdasan Tiongkok memiliki kesamaan dengan agama Islam dan budaya Indonesia.

"Budaya Tiongkok dengan Indonesia tidak bisa dilepaskan, perkembangan kedua negara juga dibutuhkan bergandengan tangan, baik di bidang perdagangan dan investasi, maupun di bidang transfer teknologi," katanya.

Baca juga: Orang-orang Penting Dunia akan Kumpul di Bali: Elon Musk, Xi Jinping, Joe Biden hingga Bill Gates

Talkshow Idiom Klasik dari Xi Jinping ini merupakan hasil kerjasama TVRI dan China Media Group  totalnya memiliki 3 episode dan episode selanjutnya akan ditayangkan pada tanggal 8 dan 22 November mendatang dan tetap di Indonesia Bicara, TVRI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas