Tribun

ISIS Akui Kematian Pemimpinnya Abu al-Hasan al-Hashmi al-Qurayshi, Kini Umumkan Sosok Pengganti

ISIS mengakui kematian pemimpinnya Abu al-Hasan al-Hashmi al-Qurayshi pada Rabu (30/11/2022) dan mengkonfirmasi penggantinya.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
zoom-in ISIS Akui Kematian Pemimpinnya Abu al-Hasan al-Hashmi al-Qurayshi, Kini Umumkan Sosok Pengganti
AHMAD AL-RUBAYE / AFP
Seorang anggota pasukan Irak berjalan melewati mural berlogo kelompok ISIS di sebuah terowongan yang dilaporkan digunakan sebagai pusat pelatihan oleh para jihadis, pada 1 Maret 2017, di desa Albu Sayf, pada pinggiran selatan Mosul. - ISIS mengakui kematian pemimpinnya Abu al-Hasan al-Hashmi al-Qurayshi pada Rabu (30/11/2022) dan mengonfirmasi penggantinya. 

TRIBUNNEWS.COM - ISIS mengakui kematian pemimpinnya Abu al-Hasan al-Hashmi al-Qurayshi pada Rabu (30/11/2022) dan mengonfirmasi penggantinya.

Dilansir CNN, afiliasi media kelompok al-Furqan menerbitkan pesan audio oleh juru bicara ISIS yang mengumumkan kematian pemimpinnya.

“Saya mengumumkan dan berduka untuk negara Islam dan para pejuang negara Islam yang maha kuasa, (ketidakhadiran) Amir orang beriman dan Khalifah umat Islam Abu al-Hasan al-Hashmi al-Quraysh," kata juru bicara Abu Omar al-Muhajer dalam pesan yang dirilis Rabu.

"Dia terbunuh saat berjuang melawan musuh Tuhan,” imbuhnya.

ISIS tidak menjelaskan siapa yang membunuh komandan kelompok itu atau di mana sang pemimpin tewas.

Kelompok itu mengumumkan penggantinya, yang bernama Abu al-Husain al-Husaini al-Quraishi.

Baca juga: Juru Bicara ISIS Sebut Pimpinannya Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi Tewas dalam Pertempuran

Namun, hanya sedikit yang diketahui tentang Abu al-Husain al-Husaini al-Quraishi.

ISIS menggambarkan Abu al-Husain al-Husaini al-Quraishi sebagai "pejuang tua" tanpa menyebutkan detail lebih lanjut.

Almarhum pemimpin tersebut diangkat oleh ISIS pada Maret 2022, setelah Presiden AS Joe Biden mengumumkan kematian Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi dalam operasi militer di barat laut Suriah.

Kematian Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi

Pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi tewas setelah meledakkan dirinya sendiri serta keluarganya saat penyerbuan oleh tentara AS di Suriah, Kamis (3/2/2022), Sky News melaporkan.

Presiden AS Joe Biden menyebut tindakan teroris itu sebagai tindakan pengecut.

Baca juga: Kelompok Teroris ISIS Klaim Pemimpinnya Tewas dalam Pertempuran

Seorang anggota pasukan Irak berjalan melewati mural berlogo kelompok ISIS di sebuah terowongan yang dilaporkan digunakan sebagai pusat pelatihan oleh para jihadis, pada 1 Maret 2017, di desa Albu Sayf, pada pinggiran selatan Mosul.
Seorang anggota pasukan Irak berjalan melewati mural berlogo kelompok ISIS di sebuah terowongan yang dilaporkan digunakan sebagai pusat pelatihan oleh para jihadis, pada 1 Maret 2017, di desa Albu Sayf, pada pinggiran selatan Mosul. (AHMAD AL-RUBAYE / AFP)

Al-Qurayshi meledakkan bom yang menewaskan dirinya dan anggota keluarganya - termasuk istri dan dua anak mereka - ketika pasukan Amerika mendekati sebuah rumah di desa Atmeh, di provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak.

Setidaknya 13 orang yang tewas, termasuk empat wanita, dalam operasi yang berlangsung selama dua jam itu.

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas