Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kedutaan Rusia Peringatkan AS agar Tidak Kirim Sistem Rudal Patriot ke Kyiv

Kedutaan Rusia di Washington peringatkan AS agar tidak mengirim sistem rudal Patriot ke Ukraina dan menilainya sebagia langkah provokatif.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kedutaan Rusia Peringatkan AS agar Tidak Kirim Sistem Rudal Patriot ke Kyiv
Anthony Sweeney/U.S. Army Europe
Rudal Patriot. - Kedutaan Rusia di Washington peringatkan AS agar tidak mengirim sistem rudal Patriot ke Ukraina dan menilainya sebagia langkah provokatif. 

TRIBUNNEWS.COM - Kedutaan Rusia di Washington memperingatkan Amerika Serikat (AS) agar tidak mengirim sistem rudal Patriot ke Ukraina.

"Jika Amerika Serikat mengirim sistem rudal Patriotnya ke Kyiv, itu akan menjadi langkah provokatif yang dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak dapat diprediksi," kata Kedutaan Rusia dalam sebuah pernyataan pada Rabu (14/12/2022).

Para diplomat Rusia mengklaim sebuah kampanye informasi telah diluncurkan AS terkait persiapan pengiriman sistem pertahanan udara mutakhir ke Ukraina.

"Jika (informasi) ini terkonfirmasi, kami akan menyaksikan langkah provokatif lain oleh pemerintah AS yang membawa konsekuensi yang tidak dapat diprediksi," imbuh para diplomat Rusia.

“Pengiriman senjata yang berkelanjutan hanya akan memperkuat rezim (Presiden Ukraina Vladimir) Zelensky dan mendorongnya ke kejahatan baru terhadap warga sipil di wilayah Donbass, Kherson, dan Zaporizhzha,” kedutaan Rusia menekankan.

Dilansir TASS, menurut para diplomat Rusia, tanpa pengiriman sistem Patriot pun, Amerika Serikat semakin terseret ke dalam konflik.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-295: Ukraina Tembak Jatuh 13 Drone Buatan iran di Atas Kyiv

“Strategi Washington menyebabkan kerusakan besar tidak hanya pada hubungan Rusia-Amerika, tetapi juga menciptakan risiko tambahan bagi keamanan global," terang pernyataan kedutaan.

BERITA REKOMENDASI

"Amerika Serikat-lah yang bertanggung jawab atas perpanjangan dan eskalasi konflik Ukraina,” simpul kedutaan Rusia.

AS bersiap kirim rudal Patriot

CNN melaporkan sebelumnya, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut bahwa Washington sedang menyelesaikan rencana untuk mengirim sistem pertahanan rudal Patriot ke Ukraina.

Baca juga: 70 Negara Beri Bantuan 1 Miliar Euro ke Ukraina setelah Zelensky Khawatir Rusia Serang Sumber Energi

Rudal Patriot
Rudal Patriot. - Kedutaan Rusia di Washington peringatkan AS agar tidak mengirim sistem rudal Patriot ke Ukraina dan menilainya sebagia langkah provokatif. (Anthony Sweeney/U.S. Army Europe)

Juru Bicara Pentagon, Patrick Ryder, menolak untuk mengonfirmasi laporan CNN pada 13 Desember.

Koordinator Komunikasi Strategis Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, mengatakan pada Rabu ,bahwa pemerintah AS tidak dapat mengonfirmasi laporan media tentang potensi pengiriman sistem rudal ini ke Kyiv.

Lebih jauh, Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, memperingatkan bahwa sistem pertahanan rudal Patriot akan dianggap sebagai target yang sah oleh Angkatan Bersenjata Rusia, jika Washington memasoknya ke Kyiv.

Apa itu rudal Patriot?

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas