Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

110 WNI di Sudan Berhasil Dievakuasi ke Jeddah Menggunakan Pesawat Boeing 737 TNI AU

110 WNI yang beberapa hari sempat terjebak dalam situasi perang saudara di Sudan berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (26/4/2023). 

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in 110 WNI di Sudan Berhasil Dievakuasi ke Jeddah Menggunakan Pesawat Boeing 737 TNI AU
/
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan 39 prajurit TNI yang dipimpin oleh Kolonel Pnb Noto Casnoto (Dan Wing I Halim PK) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi WNI, dengan menggunakan Pesawat TNI AU Boeing 737. Satgas Evakuasi WNI di Sudan dilepas secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bertempat di Baseops Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/4/2023). 110 Warga Negara Indonesia (WNI) yang beberapa hari sempat terjebak dalam situasi perang saudara di Sudan berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (26/4/2023).  //PUSPEN TNI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 110 Warga Negara Indonesia (WNI) yang beberapa hari sempat terjebak dalam situasi perang saudara di Sudan berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (26/4/2023). 

Ke-110 WNI tersebut merupakan bagian dari evakuasi tahap kedua dari Khartoum menuju Port Sudan melalui jalan darat.

Para WNI yang terdiri dari laki-laki, perempuan dan anak-anak itu diterbangkan menggunakan pesawat boeing 737 A-7305 TNI AU dari kota Port Sudan menuju posko evakuasi di Jedah, Arab Saudi.




Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan proses evakuasi berjalan dengan lancar berkat koordinasi yang baik dari berbagai pihak terkait.

Sejumlah pihak tersebut, kata dia, di antaranya Kementerian Luar Negeri, Mabes TNI, KBRI di Sudan,  kru pesawat B-737 A-7305 dan juga Konjen RI di Jeddah.

"Alhamdulillah pada Rabu kemarin, evakuasi WNI dapat berjalan lancar,  ini merupakan tahap pertama, yang akan dilanjutkan beberpa tahap berikutnya, dalam sorties penerbangan dari Port Sudan ke Jedah," kata Indan ketika dikonfirmasi pada Kamis (27/4/2023).

Baca juga: 25 Menolak Dievakuasi, Total 897 WNI Dievakuasi dari Khartoum Sudan

WNI yang sudah berhasil di evakuasi ke Jedah, kata dia, akan kembali ke tanah air menggunakan  beberapa pesawat komersial. 

BERITA TERKAIT

Sementara pesawat A-7305 akan berada di Jeddah untuk melaksanakan evakuasi lanjutan.

Tim evakuasi, kata dia, dipimpin mission commander Kolonel Pnb Noto Casnoto.

Tim tersebut terdiri dari Kru pesawat, personel Satbravo Kopasgat, Kesehatan, Psikolog, BAIS TNI, Puspen TNI,  dan staf Kemenlu.

Pemerintah Indonesia mulai melakukan evakuasi terhadap ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Sudan.
Pemerintah Indonesia mulai melakukan evakuasi terhadap ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Sudan. (Kemlu RI)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas