Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Konflik Terus Berlanjut, Kelaparan Mengintai Rakyat Sudan

Penduduk dari beberapa lingkungan di negara bagian Khartoum mengatakan stok makanan telah habis di toko-toko

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Konflik Terus Berlanjut, Kelaparan Mengintai Rakyat Sudan
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
TRIBUNNEWS.COM - Satgas TNI berhasil evakuasi 110 Warga Negara Indonesia (WNI) di Sudan di bawah pimpinan Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto, Jeddah, Rabu, (26/4/2023). Satgas evakuasi yang terdiri dari kru pesawat, personel Satbravo Kopasgat, Kesehatan TNI, Psikolog TNI, BAIS TNI, Puspen TNI, dan staf Kemenlu ini berhasil mengevakuasi WNI yang terdiri dari 33 orang perempuan, 71 orang laki-laki dan enam anak-anak, untuk selanjutnya di bawa menuju posko evakuasi. Setelah melaksanakan pemeriksaan kesehatan, para WNI ini diangkut menggunakan Pesawat Boeing 737 A-7305 milik TNI AU sorti 1 dengan rute penerbangan Jeddah - Port Sudan - Jeddah. Dalam keterangannya, Mission Commander menyampaikan bahwa misi evakuasi rencananya akan dibagi menjadi beberapa sorti dan sorti pertama telah terlaksana dengan lancar tanpa kendala. Menurutnya, evakuasi akan diprioritaskan untuk Lansia, ibu hamil dan anak-anak. //PUSPEN TNI 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, KHARTOUM - Koordinator Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Sudan, Andou Dieng mengatakan bahwa penjarahan serta pertempuran terus berlanjut di seluruh negeri meskipun ada upaya gencatan senjata.

Berbicara kepada wartawan melalui telepon, Dieng menyampaikan bahwa dirinya 'sangat khawatir' tentang ketersediaan makanan, khususnya di Darfur.

Ia pun meminta agar koridor kemanusiaan segera dibuka. Kalau bantuan-bantuan tidak dibuka, warga Sudan terancam kelaparan.

Baca juga: Bentrokan Berlanjut di Darfur Barat, Krisis Makanan dan Air di Sudan pun Kian Memburuk

Dikutip dari laman CNN, Minggu (30/4/2023), di Khartoum, ibu kota Sudan, saksi mata dan jurnalis CNN di utara kota mengatakan bahwa tentara paramiliter RSF menempati setidaknya satu stasiun air, menyebabkan kekurangan pasokan air yang vital bagi warga.

"Sejak 16 April lalu, fasilitas air pada dasarnya tidak berfungsi dan orang-orang 'telah minum air pahit dari sumur di lokasi konstruksi yang belum selesai'. Para insinyur air belum dapat mengakses instalasi air untuk memperbaikinya. Mereka menjadi sasaran penembak jitu RSF," kata saksi mata itu.

Pada awal pekan ini, penduduk dari beberapa lingkungan di negara bagian Khartoum mengatakan stok makanan telah habis di toko-toko, air minum pun langka, dan pabrik makanan di negara bagian tersebut telah dijarah.

BERITA TERKAIT

Perlu diketahui, daerah tersebut telah mengalami pertempuran sengit dan mereka yang memberikan kesaksian menuturkan bahwa mereka tidak dapat meninggalkan rumah dan dievakuasi ke luar ibu kota.

"Bentrokan kekerasan antara SAF (Angkatan Bersenjata Sudan) dan RSF berlanjut dengan senjata berat, dan partisipasi pesawat tempur di kamp RSF di daerah Kafouri," jelas seorang saksi mata pada Kamis lalu.

Saat konflik memasuki minggu kedua, pemerintah asing terus berjuang untuk mengevakuasi warganya, sementara banyak orang Sudan tetap terjebak tanpa adanya pasokan listrik, makanan atau air.

Bahkan mereka secara putus asa mencari cara untuk melarikan diri.

Baca juga: Krisis Sudan: Gencatan Senjata Diperpanjang, Namun Pertempuran Terus Berlanjut

"Sedikitnya 460 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka dalam pertempuran itu," kata Kementerian Kesehatan Sudan.

"Lebih dari 2.700 orang dari sekitar 76 negara telah tiba di Arab Saudi dalam beberapa hari terakhir setelah dievakuasi dari Sudan," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris pada Kamis lalu.

Orang-orang berjalan melewati apotek yang tutup di selatan Khartoum pada 17 April 2023 saat pertempuran di ibu kota Sudan antara tentara dan pasukan paramiliter yang dipimpin oleh para jenderal saingan berkecamuk untuk hari ketiga.
 (Photo by AFP)
Orang-orang berjalan melewati apotek yang tutup di selatan Khartoum pada 17 April 2023 saat pertempuran di ibu kota Sudan antara tentara dan pasukan paramiliter yang dipimpin oleh para jenderal saingan berkecamuk untuk hari ketiga. (Photo by AFP) (AFP/-)

Sementara itu, Gedung Putih mendesak orang Amerika Serikat (AS) di Sudan yang ingin meninggalkan negara itu untuk melakukannya dalam 24 hingga 48 jam ke depan.

Namun mengatakan pemerintah AS hanya akan membantu warganya dari jauh, tidak seperti negara lain yang menggunakan sumber daya militer mereka sendiri untuk mengevakuasi warganya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas