Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fang Bin, Warga China yang Viralkan Video Covid-19 Segera Dibebaskan Setelah Dihukum 3 Tahun Penjara

Video terakhir yang diposting Fang selembar kertas bertuliskan 'Semua warga menentang (pemerintah), menyerahkan kembali kekuasaan kepada rakyat'.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Fang Bin, Warga China yang Viralkan Video Covid-19 Segera Dibebaskan Setelah Dihukum 3 Tahun Penjara
Sky News
FOTO Staf medis memeriksa catatan di ICU di Wuhan. Pihak berwenang China bersiap untuk membebaskan seorang pria yang sempat dinyatakan hilang tiga tahun lalu, setelah mempublikasikan video rumah sakit dan jenazah yang penuh sesak selama wabah virus corona (Covid-19). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Pihak berwenang China bersiap untuk membebaskan seorang pria yang sempat dinyatakan hilang tiga tahun lalu, setelah mempublikasikan video rumah sakit dan jenazah yang penuh sesak selama wabah virus corona (Covid-19).

Pernyataan ini disampaikan seorang kerabat dan orang lainnya yang mengetahui kasus tersebut.

Dikutip dari laman AP News, Senin (1/5/2023), Fang Bin dan masyarakat lainnya yang dijuluki jurnalis warga atau Citizen Journalist memposting rincian pandemi Covid-19 pada awal 2020 di internet dan media sosial.

Mereka mempermalukan pejabat China yang tengah sibuk menghadapi kritik karena gagal mengendalikan wabah tersebut.

Baca juga: Wuhan Lockdown Lagi, Diduga karena Daging Babi Lokal

Video terakhir Fang, seorang penjual pakaian tradisional China, yang diposting di Twitter adalah selembar kertas bertuliskan 'Semua warga menentang (pemerintah), menyerahkan kembali kekuasaan kepada rakyat'.

Kasus Fang merupakan bagian dari tindakan keras China terhadap kritik mengenai penanganan awal pandemi di negara itu.

BERITA REKOMENDASI

Karena Partai Komunis yang berkuasa berusaha untuk mengontrol narasi negaranya sendiri.

Menurut dua orang yang enggan disebutkan namanya karena takut terhadap pembalasan pemerintah China, Fang dijadwalkan dibebaskan pada hari Minggu waktu setempat.

Salah satu dari mereka mengatakan bahwa Fang dijatuhi hukuman tiga tahun penjara karena 'memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah' tuduhan samar yang biasanya digunakan terhadap para pembangkang politik.

The Associated Press (AP) pun belum bisa mengkonfirmasi pembebasannya secara independen dan tidak dapat mengkonfirmasi detail mengenai hal ini kepada pihak berwenang.

Dua kantor biro keamanan publik Wuhan juga tidak memberikan nomor telepon kantor informasi mereka atau menjawab pertanyaan apapun.

Panggilan telepon ke pengadilan yang dilaporkan menghukum Fang berdering namun tidak juga dijawab pada Minggu (30/4/2023) sore.

Baca juga: Data Terbaru CDC China Sebut Rakun Anjing Berpotensi Jadi Inang Covid-19 di Wuhan

Seorang wanita dari pengadilan lain yang dilaporkan menangani banding Fang mengatakan bahwa ia tidak berwenang untuk menjawab pertanyaan mengenai kasus ini.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas