Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kenaikan Listrik di Jepang Mulai Juni 2023 Antara 15,5 - 36,6 Persen

Kenaikan listrik di Jepang mulai Juni 2023 naik antara 15,5% - 36,6% di berbagai daerah di Jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kenaikan Listrik di Jepang Mulai Juni 2023 Antara 15,5 - 36,6 Persen
Richard Susilo
Tarif listrik di Jepang mulai Juni 2023 naik antara 15,5% - 36,6% 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kenaikan listrik di Jepang mulai Juni 2023 naik antara 15,5 persen - 36,6 persen di berbagai daerah di Jepang.

Terendah kenaikannya yang dilakukan pembangkit listrik Tokyo (Tepco) sebesar 15,5 persen.

  "Kami melakukan penilaian yang sangat ketat yang tidak terikat oleh preseden." ungkap Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Yasutoshi Nishimurahari ini (16/5/2023).

Menanggapi persetujuan kenaikan harga oleh tujuh perusahaan listrik besar, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Nishimura mengatakan pada konferensi pers setelah rapat Kabinet, "Kami ingin segera menyetujuinya setelah melalui prosedur yang diperlukan. Untuk masing-masing perusahaan, kami akan dengan hati-hati memberikan penjelasan yang mudah dipahami kepada pengguna dan secara menyeluruh meningkatkan efisiensi manajemen. Kami akan terus menindaklanjuti dengan tegas sambil mencari yang kuat."

Pada konferensi pers setelah rapat kabinet, Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan, "Tujuh perusahaan telah mengajukan kenaikan harga sekitar 30% hingga 50%, tetapi penilaian yang ketat dilakukan, termasuk penghitungan ulang biaya berdasarkan harga bahan bakar terbaru."

Tingkat kenaikan harga telah diturunkan. Dengan mempertimbangkan langkah-langkah untuk memitigasi perubahan tarif listrik yang drastis, lima dari tujuh perusahaan berada pada tingkat yang lebih rendah daripada sebelum mereka mengajukan kenaikan harga, tambah Matsuno lagi.

BERITA REKOMENDASI

Pemerintah telah mengadakan rapat menteri tentang masalah harga, dan menyetujui kenaikan tarif listrik yang telah diterapkan oleh tujuh perusahaan listrik besar kepada pemerintah.

Kenaikan harga rata-rata untuk setiap perusahaan akan berkisar antara 15% hingga 39%, dan diharapkan harga akan dinaikkan dari jumlah yang digunakan pada bulan Juni 2023.

Mengenai "tarif peraturan", yang memiliki banyak pelanggan untuk penggunaan perumahan, harga gas alam yang digunakan untuk pembangkit listrik termal oleh tujuh perusahaan tenaga listrik, Tenaga Listrik Hokkaido, Tenaga Listrik Tohoku, Tenaga Listrik Tokyo, Tenaga Listrik Hokuriku, Tenaga Listrik Chugoku , Shikoku Electric Power, dan Okinawa Electric Power, telah melonjak.

Pihak perusahaan listrik mengajukan kenaikan harga kepada pemerintah, mengatakan bahwa posisi keuangan mereka telah memburuk.

Dalam kondisi tersebut, pemerintah menggelar rapat menteri terkait masalah harga pada 16 Mei ini dan menyetujui usulan kebijakan penilaian kenaikan harga tujuh perusahaan.

Akibatnya, kenaikan tarif yang diatur masing-masing perusahaan, secara rata-rata di semua rencana, akan lebih kecil dari usulan awal.

Kisaran kenaikan harga termasuk revisi tarif pemakaian jaringan transmisi dan distribusi adalah:

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas