Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

70 Persen Orang Asing Tidak Puas Dengan Rencana Kenaikan JR Rail Pass Jepang Mulai 1 Oktober 2023

Sebanyak 70% orang asing tidak puas dengan rencana kenaikan harga yang besar dari Japan Rail Pass dari sekitar 30.000 yen akan menjadi sekitar  50.000

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 70 Persen Orang Asing Tidak Puas Dengan Rencana Kenaikan JR Rail Pass Jepang Mulai 1 Oktober 2023
Richard Susilo
Kereta api supercepat Shinkansen Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sebanyak 70 persen orang asing tidak puas dengan rencana kenaikan harga yang besar dari Japan Rail Pass dari sekitar 30.000 yen akan menjadi sekitar  50.000 yen per 1 Oktober 2023 mendatang.

"Saya mungkin akan mikir 2 atau 3 kali untuk membeli JR Rail Pass nantinya. Harus hitung-hitungan deh, tergantung banyak sedikit pakai Shinkansen nanti ya," papar Umar Ali seorang warga Indonesia kepada Tribunnews.com Kamis (25/5/2023).




Hari ini majalah Ekspor Jepang, yang mengembangkan media multibahasa, mengumumkan hasil survei terhadap orang asing mengenai penggunaan JR Rail Pass di masa mendatang.

"Japan Rail Pass" diumumkan pada bulan April tahun ini  akan mengubah isi dan harganya sekitar bulan Oktober.

Nantinya akan bisa dipakai juga untuk  kereta ekspres "Nozomi" dan "Mizuho" di mana saat ini masih belum bisa kecuali tambah biaya lagi.

Dalam survei tersebut, hanya 12% responden yang menjawab bahwa mereka akan "menggunakan" pass bahkan setelah kenaikan harga.

BERITA TERKAIT

Lebih dari 70% responden menjawab bahwa mereka "tidak akan menggunakan" atau "mungkin tidak akan menggunakan" . Survei dilakukan 1-8 Mei 2023 kepada 1098 orang asing.

Di pertanyaan lain, 60% responden menjawab bahwa mereka pernah "menggunakannya" dan Japan Rail Pass banyak digunakan di kalangan pengunjung asing ke Jepang.

Perusahaan JR memperkirakan bahwa jalur kereta api  digunakan  sebagai sarana perjalanan masuk ke dalam kota atau bahkan kota kecil yang tidak dilayani oleh pesawat . Dengan menggunakan kereta api jadi sarana terbaik promosi pariwisata Jepang.

Selain itu, responden berkomentar bahwa "banyak pelancong tidak akan pergi ke kota kecil pedesaan" karena kenaikan harga yang sangat besar.

Perubahan ini akan sangat mengurangi fleksibilitas dan pilihan perjalanan. Jika kita memakainya tampaknya masih lebih murah hal serupa di Australia nantinya mulai Oktober 2023.

Japan Railways Group merilis rencana harga baru tiket multi guna pada 14 April 2023. Kenaikan diberlakukan mulai Oktober tahun ini dan mencakup jalur JR Hokkaido, JR East, JR Central, JR West, JR Shikoku dan JR Kyushu.

JR Pass berbeda dengan tiket regional yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan JR. JR Pass dapat membawa traveler untuk melintasi Jepang dengan jaringan JR mana pun dari Kyushu hingga Hokkaido.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas