Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PM Swedia Salahkan Rusia soal Pembakaran Alquran di Stockholm: Mereka Sebar Propaganda

PM Swedia salahkan Rusia soal kemarahan atas pembakaran Al Quran di Stockholm. Ia menyebut Rusia sebar propaganda yang merugikan Swedia.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in PM Swedia Salahkan Rusia soal Pembakaran Alquran di Stockholm: Mereka Sebar Propaganda
AFP/JONATHAN NACKSTRAND
Salwan Momika memprotes di luar masjid di Stockholm pada 28 Juni 2023, saat libur Idul Adha. - Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson menuduh Rusia menyebarkan klaim palsu yang merugikan Swedia setelah negaranya menjadi sasaran kemarahan global karena pembakaran Al Quran. 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, menuduh Rusia menyebarkan klaim palsu tentang pembakaran Alquran baru-baru ini di Stockholm, Swedia.

Ulf Kristersson mengatakan, Swedia terpapar kampanye pengaruh yang didukung oleh negara dan aktor mirip negara untuk merusak kepentingan Swedia.

"Kami melihat, antara lain, bahwa aktor Rusia aktif menyebarkan klaim yang salah bahwa Swedia sebagai negara berada di balik penodaan berbagai kitab suci. Itu, tentu saja, sepenuhnya salah," tulis Ulf Kristersson di Instagram, Rabu (26/7/2023).

Menurutnya, pembakaran Alquran terjadi di tengah situasi keamanan yang rumit.

Ulf Kristersson menjelaskan, pemerintah Swedia tidak mengeluarkan izin untuk membakar salinan Alquran di depan umum.

"Saya juga secara khusus ingin membahas kesalahpahaman umum: Negara Swedia tidak mengeluarkan izin untuk membakar salinan Alquran," katanya.

Baca juga: Alasan Swedia Membiarkan Aksi Pembakaran Al Quran Meski Mendapat Kecaman Internasional

“Namun, polisi mengeluarkan izin untuk pertemuan publik–hak yang diabadikan dalam konstitusi Swedia,” tegasnya.

BERITA TERKAIT

Menurut Perdana Menteri itu, hak atas pertemuan publik itu dijalan tergantung pada keputusan individu itu sendiri.

Ulf Kristersson mengatakan, Swedia menjamin hak atas kebebasan berekspresi, tapi tidak berdiri di belakang pesan politik apapun.

"Swedia benar-benar tidak memiliki tradisi membakar buku atau tulisan hanya karena legal. Sebaliknya, kami memiliki tradisi melindungi buku dan membacanya," katanya.

Ia menegaskan, Swedia menghormati tradisi dan kepercayaan yang berbeda.

"Swedia juga merupakan negara dengan tradisi yang kuat untuk menghormati praktik kepercayaan yang berbeda - dan untuk satu sama lain. Kebebasan beragama adalah landasan Swedia," tegasnya.

Swedia Setujui 2 Protes di Stockholm

Salwan Momika memprotes di luar masjid di Stockholm pada 28 Juni 2023, saat libur Idul Adha. Momika, 37, yang melarikan diri dari Irak ke Swedia beberapa tahun lalu, mendapat izin dari polisi Swedia untuk membakar kitab suci umat Islam selama demonstrasi. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP)
Salwan Momika memprotes di luar masjid di Stockholm pada 28 Juni 2023, saat libur Idul Adha. Momika, 37, yang melarikan diri dari Irak ke Swedia beberapa tahun lalu, mendapat izin dari polisi Swedia untuk membakar kitab suci umat Islam selama demonstrasi. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) (AFP/JONATHAN NACKSTRAND)

Baca juga: Sejumlah Aksi Pembakaran Al-Quran di Swedia hingga Mendapat Kecaman Internasional

Polisi Stockholm menyetujui dua protes di luar Kedutaan Irak di Swedia dalam beberapa pekan terakhir.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas