Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kudeta Tentara Niger, Presiden Mohamed Bazoum Minta Bantuan Amerika Serikat

Presiden Niger Mohamed Bazoum mendesak AS dan seluruh komunitas internasional untuk membantu "memulihkan ketertiban konstitusional negaranya.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Kudeta Tentara Niger, Presiden Mohamed Bazoum Minta Bantuan Amerika Serikat
Issouf SANOGO / AFP
(FILES) Presiden Niger Mohamed Bazoum menghadiri pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres (tidak terlihat) di istana kepresidenan di Niamey pada 2 Mei 2022. Dalam artikel mengulas tentang Presiden Niger Mohamed Bazoum yang mendesak AS dan seluruh komunitas internasional untuk membantu "memulihkan ketertiban konstitusional negaranya, Agustus 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Niger, Mohamed Bazoum, mendesak Amerika Serikat (AS) dan seluruh komunitas internasional untuk membantu negaranya yang sedang berjuang melawan kudeta.

Dalam sebuah opini di Washington Post, Presiden Mohamed Bazoum mengaku saat ini menjadi "sandera" tentara Niger.

"Amerika Serikat dan komunitas internasional lainnya harus membantu Niger memulihkan tatanan konstitusional kita," katanya seperti dikutip Al Jazeera.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Bazoum di telepon.

Washington mengatakan, berkomitmen untuk pemulihan pemerintah terpilih secara demokratis Niger.

Baca juga: Kemenlu Pastikan Tidak Ada WNI Terdampak Kudeta Militer di Niger

Ia juga memperingatkan, bahwa kawasan itu bisa jatuh lebih jauh di bawah pengaruh Rusia, sebaban  tentara bayaran Rusia, Wagner Group beroperasi di negara.

Pada Kamis (3/8/2023), para pemimpin kudeta mengumumkan bahwa mereka menarik duta besar negara itu dari Prancis, AS, Nigeria, dan Togo.

BERITA REKOMENDASI

Dalam pernyataan yang dibacakan di televisi nasional, mereka mengatakan fungsi empat duta besar telah "dihentikan".

Dikutip dari BBC, Junta juga mengumumkan pemutusan hubungan militer bilateral dengan bekas kekuatan kolonial Prancis.

Negara itu saat ini memiliki sekitar 1.500 tentara di Niger dan telah menjadi bagian dari kekuatan yang memerangi militansi Islam.

Bazoum adalah presiden pertama yang terpilih secara demokratis untuk menggantikan yang lain di Niger.

Kini ia ditahan oleh pesukan paspamres.

Baca juga: Kudeta Niger: Prancis Siapkan Evakuasi, Burkina Faso dan Mali Dukung Penguasa Militer

(FILES) Presiden Niger Mohamed Bazoum menghadiri pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres (tidak terlihat) di istana kepresidenan di Niamey pada 2 Mei 2022. Akses ke kediaman dan kantor Presiden Niger Mohamed Bazoum diblokir pada 26 Juli 2023 oleh anggota elit Pengawal Presiden, kata sumber yang dekat dengan Bazoum, meski alasannya tidak jelas.
(FILES) Presiden Niger Mohamed Bazoum menghadiri pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres (tidak terlihat) di istana kepresidenan di Niamey pada 2 Mei 2022. Akses ke kediaman dan kantor Presiden Niger Mohamed Bazoum diblokir pada 26 Juli 2023 oleh anggota elit Pengawal Presiden, kata sumber yang dekat dengan Bazoum, meski alasannya tidak jelas. (Issouf SANOGO / AFP)

Pemimpin kudeta Jenderal Abdourahmane Tchiani telah dilantik sebagai kepala negara.

Niger adalah bagian penting dari wilayah Afrika yang dikenal sebagai Sahel, sebuah wilayah yang diteror oleh jihadis dan dilanda oleh rezim militer.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas