Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demo Pro-Palestina Meluas, Israel Evakuasi Staf Kedutaan dari Negara Arab

Demo para pendukung Palestina meluas di seluruh dunia setelah serangan Israel di RS Gaza. Israel menarik staf kedutaannya dari negara-negara Arab.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Demo Pro-Palestina Meluas, Israel Evakuasi Staf Kedutaan dari Negara Arab
KHALED DESOUKI / AFP
Warga Mesir membakar bendera Israel saat mereka mengambil bagian dalam demonstrasi di luar Sindikat Jurnalis di pusat kota Kairo pada 18 Oktober 2023, memprotes serangan terhadap rumah sakit Gaza yang menewaskan ratusan orang sehari sebelumnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Israel mengevakuasi staf kedutaan besar Israel di Rabat, Maroko dan Kairo, Mesir pada Rabu (18/10/2023).

Evakuasi ini menyusul demonstrasi pro-Palestina yang semakin meluas sejak dimulainya eskalasi Hamas Palestina dan Israel.

Demonstrasi diadakan di depan kedutaan Israel di Mesir, Maroko, dan negara lain di seluruh dunia.

Sebelumnya, Israel juga mengevakuasi staf kedutaannya dari Amman, Yordania pada Minggu (8/10/2023), sehari setelah dimulainya ketegangan antara Hamas dan Israel.

Pada Rabu (18/10/2023), polisi Yordania mengatakan beberapa petugas anti huru hara terluka ketika menenangkan 5.000 demonstran di dekat kedutaan Israel, dilaporkan oleh Arab News.

Pasukan keamanan memblokir jalan menuju kedutaan namun jumlah demonstrasi tampaknya akan meningkat di tengah gelombang kemarahan di Yordania, yang merupakan rumah bagi banyak pengungsi Palestina.

Baca juga: Menteri Suharso: Perang Israel-Palestina Secara Ekonomi Itu Mengguncangkan

Protes semakin memanas setelah pemboman Rumah Sakit Al-Ahli di Jalur Gaza yang mengakibatkan kematian sedikitnya 471 orang dan 314 lainnya terluka.

BERITA REKOMENDASI

Demonstrasi untuk mendukung Palestina juga terjadi di Tunisia, Libya, Lebanon, Jerman, Irak, Türkiye, Yordania, Iran, Suriah, Kuwait, dan negara-negara lain setelah serangan tersebut.

Di Turki, demonstran menyerbu konsulat Israel di Istanbul setelah ledakan mematikan di rumah sakit di Gaza pada Selasa (17/10/2023), dikutip dari i24News.

Lebih dari 60 orang, sebagian besar polisi, terluka setelah sekelompok orang menyerang gedung konsulat dengan batu, tongkat, dan kembang api, kata Kantor Gubernur Istanbul.

Lima pengunjuk rasa ditahan setelah mereka memanjat barikade polisi.

Orang-orang melakukan protes di dekat Kedutaan Besar Israel di Amman pada 18 Oktober 2023, saat mereka berdemonstrasi menentang pembunuhan ratusan warga Palestina menyusul serangan terhadap sebuah rumah sakit di Jalur Gaza.
Orang-orang melakukan protes di dekat Kedutaan Besar Israel di Amman pada 18 Oktober 2023, saat mereka berdemonstrasi menentang pembunuhan ratusan warga Palestina menyusul serangan terhadap sebuah rumah sakit di Jalur Gaza. (KHALIL MAZRAAWI / AFP)

Baca juga: Saat Jokowi Tanggapi Konflik Hamas-Israel: Indonesia Tidak akan Tinggal Diam

Menanggapi gelombang demo di berbagai negara, otoritas Israel telah meningkatkan langkah-langkah keamanan di kedutaannya di seluruh dunia.

Demonstrasi yang berlangsung di Tunis, Tunisia, menuduh Israel menyebabkan kematian beberapa ratus orang dengan menembakkan roket ke rumah sakit di Gaza.

Sementara itu, serangan tersebut juga menjadi penyebab protes besar di Misrata dan seluruh kota besar di Libya pada Selasa (17/10/2023).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas