Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Anggap Enteng Hamas, PM Israel Sebut Penyerangan ke Gaza Sebagai Operasi yang Panjang dan Keras

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan serangan tahap kedua.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Anggap Enteng Hamas, PM Israel Sebut Penyerangan ke Gaza Sebagai Operasi yang Panjang dan Keras
AFP/BASHAR TALEB
Jenazah anak-anak dari keluarga Nateel, dengan nama Hani (Kiri) dan Layan ditulis di kaki mereka oleh orang tua mereka untuk membantu identifikasi, terbaring di kamar mayat sebuah rumah sakit di Deir el-Balah setelah serangan udara Israel di pusat kota. Jalur Gaza pada 22 Oktober 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan gerakan Hamas Palestina. (Photo by Bashar TALEB / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM – Ratusan tank dan kendaraan tempur Israel telah memasuki Kota Gaza, pasca serangan membabi buta jet tempur negara zionnis tersebut digelar.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan serangan tahap kedua.

Pasukan Yahudi terus memperluas operasi darat di wilayah Gaza.

Baca juga: Update Perang Israel-Hamas Hari ke-22: IDF Umumkan Peningkatan Operasi di Jalur Gaza

Dikutip dari Al Jazeera, Netanyahu juga mengakui penyerangan tersebut akan menjadi yang panjang dan keras, dan menggambarkan kampanye tersebut sebagai “perang kemerdekaan kedua” sejak tahun 1948.

“Ini adalah perang tahap kedua yang tujuannya jelas – untuk menghancurkan kemampuan pemerintahan dan militer Hamas serta memulangkan para sandera,” kata Netanyahu kepada wartawan.

“Kami baru berada di tahap awal. Kami akan menghancurkan musuh di atas dan di bawah tanah.”

Komentar Netanyahu muncul ketika Gaza terus mengalami pemadaman komunikasi total semalaman di tengah pemboman intensif Israel yang diperkirakan bertujuan untuk membuka jalan bagi pasukan untuk masuk ke wilayah tersebut.

BERITA TERKAIT

Media Palestina pada hari Minggu melaporkan bahwa komunikasi telepon dan internet secara bertahap dipulihkan di wilayah tersebut.

Tareq Abu Azzoum, melaporkan dari Khan Younis di Gaza, mengatakan pada hari Jumat bahwa pemboman Israel terhadap daerah kantong tersebut telah meningkat di wilayah timur dan utara Jalur Gaza.

“Serangan semacam ini memberikan izin yang jelas kepada pasukan darat Israel untuk terus masuk lebih jauh ke wilayah tersebut,” kata Abu Azzoum.

Para pejabat militer Israel telah mengonfirmasi bahwa pasukan dan kendaraan lapis baja telah beroperasi di Gaza utara sejak Jumat, namun tidak menyebut peningkatan operasi darat sebagai “invasi”.

Militer Israel sampai saat ini membatasi operasi daratnya hanya pada serangan singkat pasukannya ke daerah kantong tersebut.

Baca juga: Bantu Warga Gaza, Elon Musk Janji Buka Akses Internet Starlink

Namun, eskalasi terbaru ini tidak menunjukkan adanya invasi besar-besaran setelah berminggu-minggu muncul spekulasi bahwa Israel akan menggelar unjuk kekuatan besar-besaran setelah mengerahkan lebih dari 300.000 tentara di sepanjang perbatasan.

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mendesak Israel untuk menunda peluncuran serangan darat besar-besaran di tengah kekhawatiran akan jatuhnya korban sipil, eskalasi regional, dan keselamatan tawanan yang ditahan oleh Hamas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas