Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Milisi Proksi Iran Balas Serangan, Empat Tentara AS di Suriah Tewas Kena Rudal Grad

Serangan dilaporkan dilancarkan milisi bersenjata proksi Iran di Suriah sebagai balasan terhadap serangan udara terbaru AS

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Milisi Proksi Iran Balas Serangan, Empat Tentara AS di Suriah Tewas Kena Rudal Grad
DELIL SOULEIMAN/AFP melalui Getty Images
Gambar yang diambil pada tanggal 6 Maret 2020 ini menunjukkan pemandangan tentara dan kendaraan militer AS di pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan yang merupakan bagian dari intervensi militer internasional melawan ISIS di Rmeilan di provinsi Hasakeh, timur laut Suriah. 

Milisi Proksi Iran Balas Serangan, Empat Tentara AS di Suriah Tewas Kena Rudal Grad

TRIBUNNEWS.COM - Pangkalan pendudukan Amerika Serikat (AS) di Suriah dilaporkan menjadi target serangan rudal dan pesawat tak berawak pada Senin (13/11/2023).

Serangan dilaporkan dilancarkan milisi bersenjata proksi Iran di Suriah sebagai balasan terhadap serangan udara terbaru AS yang mengincar fasilitas proksi Iran di negara tersebut.

"Lima belas rudal menargetkan pangkalan AS di ladang gas Conoco," kata sumber kepada Al-Mayadeen.

Baca juga: Pangkalan Militer AS di Suriah Dihajar Serangan Udara, Kataib Hizbullah Klaim Gabung Perang Israel

Laporan itu menambahkan kalau helikopter AS mulai melakukan penerbangan sepuluh menit setelah serangan.

“Pangkalan Conoco menjadi sasaran rudal Grad, yang menyebabkan kematian empat tentara AS,” lapor koresponden Al-Mayadeen.

Selain serangan di ladang gas Conoco, pangkalan militer AS di Al-Shaddadi di Hasakah, timur laut Suriah juga dilaporkan mengalami serangan.

BERITA REKOMENDASI

"Sebagai respons kedua terhadap serangan udara AS, tiga drone menyerang pangkalan militer tersebut," tulis laporan  Al-Mayadeen. 

Pangkalan Green Village AS di ladang minyak Al-Omar di timur laut Suriah, juga diserang oleh pesawat tak berawak.

Serangan tersebut dilakukan oleh Perlawanan Islam Irak, sebuah koalisi faksi perlawanan Irak yang dibentuk bulan lalu sebagai bentuk solidaritas terhadap milisi perlawanan Palestina, Hamas di Gaza.

Koalisi tersebut dibentuk untuk menghadapi pasukan AS di Irak dan Suriah sebagai bagian dari Operasi Banjir Al-Aqsa dan sebagai penolakan atas dukungan AS terhadap Israel dalam perang tersebut.

Baca juga: Jet Tempur F-15 AS Gempur Korps Garda Revolusi Iran di Suriah

Jet tempur F-15EX. Amerika menawarkan varian terbaru F-15 kepada sekutu NATO mereka, Polandia. AS meyakinkan Warsawa akan memiliki dominasi udara jika membeli pesawat ini.
Jet tempur F-15EX. Amerika menawarkan varian terbaru F-15 kepada sekutu NATO mereka, Polandia. AS meyakinkan Warsawa akan memiliki dominasi udara jika membeli pesawat ini. (Boeing.com)

AS Klaim 'Pertahanan Diri'

Beberapa jam sebelum serangan milisi pada Senin tersebut, pesawat tempur AS melancarkan beberapa serangan udara di Suriah timur.

Washington mengklaim serangan itu menargetkan fasilitas yang digunakan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) Iran.

Menurut koresponden Al-Mayadeen, serangan udara AS “menargetkan sebuah rumah di kota Al-Mayadeen, yang menyebabkan kematian seorang warga dan melukai orang lain.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas