Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita Ayah Bella Hadid soal Nakba 1948, Mohamed Hadid: Yahudi Usir Kami dari Palestina

Mohamed Hadid menceritakan Nakba 1948 ketika keluarganya diusir imigran Yahudi yang ditampung di rumahnya di Palestina. Mereka dilarang kembali.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Cerita Ayah Bella Hadid soal Nakba 1948, Mohamed Hadid: Yahudi Usir Kami dari Palestina
Ammar ABD RABBO / Festival Film Laut Merah / AFP
Pengusaha Palestina Mohamed Hadid berjalan di Karpet Merah pada hari ke-8 Festival Film Internasional Laut Merah, di Jeddah, Arab Saudi, pada 8 Desember 2022. -- Ayah Bella Hadid ini menceritakan kesulitan keluarganya saat Nakba tahun 1948. 

TRIBUNNEWS.COM - Mohamed Hadid, ayah model internasional Bella Hadid dan Gigi Hadid yang menjadi korban Nakba (pengusiran warga Palestina) pada tahun 1948.

Dalam wawancara eksklusif dengan media Turki, Anadolu, Mohamed Hadid mengatakan ia melihat warga Palestina melarikan diri dari Gaza utara ke selatan, seperti melihat pengalaman ibunya 75 tahun lalu.

Mohamed Hadid saat itu baru berusia sembilan hari saat peristiwa Nakba, ketika Israel mengusir keluarganya dari Palestina.




"Saya tidak ingat apa-apa karena saya baru berusia sembilan hari," kata Mohamed Hadid kepada Anadolu, Selasa (28/11/2023).

"Namun apa yang saya lihat di layar sangat mempengaruhi saya dan membuat saya merasakan perjuangan yang dialami ibu saya dan kesulitan yang dia hadapi untuk membawa saya ke kamp pengungsi hidup-hidup," lanjutnya.

Pengusaha yang lahir di Nazareth, Palestina, pada 1948 itu menggambarkan kelompok-kelompok Yahudi mulai merampas tanah Palestina pada masa itu.

Baca juga: Di Sidang PBB, Indonesia Tegaskan Militer Bukan Solusi Akhiri Konflik Israel-Palestina

Sebelum Nakba, Mohamed Hadid mengatakan ayahnya menampung dua keluarga Yahudi yang melarikan diri dari Eropa.

BERITA TERKAIT

Imigran Yahudi Eropa itu tiba di Pelabuhan Haifa dengan kapal dari Polandia dan Hongaria kemudian ditampung di rumah keluarga Hadid di Safed.

Sementara ibunya pergi ke Nazareth untuk melahirkannya selama Perang Dunia II.

Ketika Mohamed Hadid lahir, ibunya dan kakak perempuan Hadid yang berusia dua tahun kembali ke rumah mereka di Safed.

Namun, rumah mereka hampir diambil oleh penduduk Yahudi di sana.

Seorang gadis yang membawa sangkar burung bereaksi ketika orang-orang melarikan diri menyusul serangan Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 23 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (Photo by Mohammed ABED / AFP)
Seorang gadis yang membawa sangkar burung bereaksi ketika orang-orang melarikan diri menyusul serangan Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 23 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (Photo by Mohammed ABED / AFP) (AFP/MOHAMMED ABED)

"Ayah saya, seorang profesor di Universitas Haifa, juga tidak ada di rumah. Saat kami sampai di bagian rumah milik ibu saya dan keluarga kami, mereka tidak mengizinkan kami masuk," ujar Mohamed Hadid.

Ibu Hadid kemudian menyadari mereka saat itu menjadi pengungsi dan berusaha mengambil selimut dari rumah itu agar anak-anaknya tidak kedinginan di jalan.

Namun, keluarga Yahudi tersebut tidak mengizinkan ibu Hadid masuk rumahnya sendiri.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas