Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Al-Qassam Sukses Targetkan 4 Tank Merkava dan Kapal Induk Israel Pakai Rudal Al-Yassin 105

Brigade Al-Qassam berhasil menargetkan dan menyerang helikopter, tank Merkava, dan kapal induk Israel.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Al-Qassam Sukses Targetkan 4 Tank Merkava dan Kapal Induk Israel Pakai Rudal Al-Yassin 105
BNN News
Sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam. Pada Sabtu (13/1/2024), Al-Qassam mengumumkan kesukesannya menargetkan helikopter, tank Merkava, dan kapal induk Israel. 

TRIBUNNEWS.com - Sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, tengah menargetkan sejumlah kendaraan militer pasukan pendudukan Israel di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu (13/1/2024), Al-Qassam mengatakan mereka baru saja menargetkan helikopter milik Israel di timur kota Khan Younis.

"Kami berhasil menyerang dan menargetkan helikopter Israel di timur kota Khan Younis di selatan Jalur Gaza menggunakan rudal permukaan-ke-udara," kata Al-Qassam, dalam laporan media Iran, Mehr News.




Lebih lanjut, Al-Qassam mengungkapkan pihaknya juga tengah menargetkan empat tank Merkava milik Israel dan sebuah kapal induk militer yang juga berada di timur Khan Younis.

Dalam operasi itu, Al-Qassam menggunakan rudal Al-Yassin 105.

Meski belum merinci secara detail, Al-Qassam kabarnya telah menargetkan satu buldoser D9 militer Israel, serta 'menghilangkan' tiga pasukan Infanteri dan dua prajurit pasukan pendudukan Israel.

Operasi Al-Qassam ini terjadi di tengah dukungan dan persetujuan Amerika Serikat (AS) yang terus-menerus terhadap Israel.

BERITA TERKAIT

Dukungan itu memungkinkan Israel melakukan pembantaian yang lebih keji terhadap warga sipil tak berdaya di Gaza.

Selain itu, keterlibatan negara-negara Barat dan beberapa rezim Arab, serta sikap diam dan tidak adanya tindakan dari mereka untuk memperjuangkan kebebasan Palestina, semakin memperburuk penderitaan yang dialami warga sipil di Gaza, menurut TV Al-Manar.

Laporan dari media Palestina mengungkapkan penembakan artileri yang intens dan bentrokan terus terjadi di berbagai wilayah di Khan Younis tengah dan selatan.

Selain itu, konfrontasi yang diiringi kekerasan, meletus antara kelompok perlawanan Palestina dan pasukan Israel di timur Deir al-Balah.

Baca juga: Al-Qassam Umumkan Kesuksesan Lawan Israel selama Seminggu, Kirim Rudal ke Tel Aviv

Israel Hadapi Situasi Sulit

Sementara itu, Israel saat ini tengah menghadapi situasi sulit.

Selain kekalahan beruntun di Gaza, Israel tengah menghadapi gugatan genosida oleh Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda.

Terkait gugatan itu, jurnalis dan penulis Israel untuk media Yedioth Ahronoth Israel, Nadav Eyal, melaporkan Afrika Selatan telah menyerahkan bukti terperinci ke ICJ.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas