Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rudal Iran Bikin Markas Mossad Israel di Erbil Rata Tanah, Irak Sewot, AS: Serangan Ceroboh!

Irak bahkan mengancam akan “mengambil semua tindakan hukum” dan mengajukan pengaduan ke Dewan Keamanan PBB atas serangan Iran ke Erbil.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Rudal Iran Bikin Markas Mossad Israel di Erbil Rata Tanah, Irak Sewot, AS: Serangan Ceroboh!
tangkap layar twitter
RATA TANAH - Gambar kehancuran yang disebut sebagai dampak dari serangan rudal balistik Iran ke Markas Rahasia Badan Intelijen Israel, Mossad, di Kota Erbil, Irak utara, Senin (15/1/2024). 

Rudal Iran Bikin Markas Mossad Israel di Erbil Rata Tanah, Irak Sewot, AS: Ceroboh!

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Irak mengutuk aksi Iran yang meluncurkan rudal balistik ke terirotial mereka, tepatnya ke Erbil, Ibu Kota wilayah Kurdistan Irak (IKR), Senin (15/1/2024).

Irak bahkan mengancam akan “mengambil semua tindakan hukum” dan mengajukan pengaduan ke Dewan Keamanan PBB.




Irak bukan membela Israel yang kabarnya, markas rahasia badan mata-mata MOssad, rata tanah karena serangan Iran tersebut. Irak marah karena yang diserang Iran adalah teritorial kedaulatan mereka, dilakukan tanpa pemberitahuan dan koordinasi.

“Pemerintah Republik Irak menyatakan kecaman dan kecaman kerasnya atas agresi Iran terhadap kota Erbil, yang ditunjukkan oleh pemboman tempat-tempat pemukiman yang aman, menggunakan rudal balistik, yang menyebabkan korban jiwa di kalangan warga sipil,” kata Kementerian Luar Negeri Irak dalam pernyataannya, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: Pakar Israel Terbelalak, Rudal Balistik Iran Sanggup Lintasi Jarak 1.200 Km Lalu Hajar Markas Mossad

Pernyataan pemerintah Irak menambahkan bahwa serangan Iran itu adalah “sebuah agresi terhadap kedaulatan Irak dan keamanan rakyat Irak, dan penghinaan terhadap hubungan bertetangga yang baik dan keamanan kawasan.”

Diketahui, Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) mengumumkan pada Selasa dini hari tanggal 16 Januari kalau beberapa rudal balistik mereka berhasil mengenai posisi Mossad Israel di Wilayah Kurdistan Irak (IKR) dan markas besar Partai Islam Turkestan anti-Iran di provinsi Idlib, Suriah. 

BERITA TERKAIT

Menurut Garda Revolusi Iran, serangan itu sebagai balasan atas aksi dan insiden berdarah yang menghantam Iran beberapa waktu belakangan. 

“Serangan (sebagai) tanggapan terhadap kejahatan baru-baru ini yang dilakukan oleh kelompok teroris dan kematian sejumlah warga kami di Kerman dan Rask, tempat berkumpulnya para pemimpin dan elemen kunci yang terkait dengan operasi teroris baru-baru ini yang terjadi di Iran dibom. Secara khusus, ISIS dibom di sebagian wilayah Suriah yang diduduki dan dihancurkan melalui beberapa rudal balistik,” kata IRGC dalam sebuah pernyataan.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan teror yang menewaskan puluhan orang di dekat makam mendiang Komandan Pasukan Quds Qassem Soleimani.

Baca juga: Iyakan Klaim AS, ISIS Mengaku Jadi Dalang Dua Ledakan Berdarah di Iran, Jadi Antek Israel?

Menurut Teheran, intelijen mereka menyimpulkan kalau dalang serangan itu berkumpul di Idlib, wilayah yang dikuasai kelompok bersenjata Hayat Tahrir al-Sham (HTS) – yang sebelumnya dikenal sebagai Front Nusra yang berafiliasi dengan Al-Qaeda.

“Republik Islam Iran selalu mendukung perdamaian, stabilitas, dan keamanan kawasan dan mematuhi ketaatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah semua negara,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani pada Selasa pagi.

Dia  menambahkan: “Terorisme adalah ancaman global yang meluas dan Iran bertekad untuk memerangi terorisme dalam kerangka kerja sama regional dan internasional.”

Menurut sumber lokal yang berbicara dengan Al-Mayadeen, serangan di barat laut Suriah “menargetkan kamp pelatihan, markas dukungan logistik, dan pusat medis bagi militan Partai Islam Turkestan” di daerah “tempat militan ISIS Khorasan dilatih dan diangkut oleh AS ke Afghanistan dan perbatasan Iran, untuk mengarahkan serangan ke wilayah Iran.”

Baca juga: Sayap Militer Hamas: Milisi Lintas Teritorial Bakal Tingkatkan Gempuran di Semua Lini ke Israel

RUDAL BALISTIK RIBUAN KM - Gambar dari cuplikan video yang menunjukkan rudal balistik yang diluncurkan Iran dengan sasaran wilayah Kurdistan di Irak dengan target spesifik, Markas Interlijen Israel, Mossad, di area tersebut, Senin (15/1/2024). Rudal balistik yang diluncurkan Iran ini disebut pakar keamanan Israel mampu menjelajah hingga 1200 KM.
RUDAL BALISTIK RIBUAN KM - Gambar dari cuplikan video yang menunjukkan rudal balistik yang diluncurkan Iran dengan sasaran wilayah Kurdistan di Irak dengan target spesifik, Markas Interlijen Israel, Mossad, di area tersebut, Senin (15/1/2024). Rudal balistik yang diluncurkan Iran ini disebut pakar keamanan Israel mampu menjelajah hingga 1200 KM. (tangkap layar twitter)

Markas Mossad Rata Tanah

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas