Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Ingin Palestina Menjadi Negara yang Merdeka, Benjamin Netanyahu Tolak Tawaran Normalisasi Saudi

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menolak tawaran normalisasi dengan Arab Saudi sebuah laporkan menyebutkan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Tak Ingin Palestina Menjadi Negara yang Merdeka, Benjamin Netanyahu Tolak Tawaran Normalisasi Saudi
ABIR SULTAN / POOL / AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat Kabinet di Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada tanggal 31 Desember 2023. 

Tak Ingin Palestina Jadi Negara Merdeka, Benjamin Netanyahu Menolak Tawaran Normalisasi Saudi

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menolak tawaran normalisasi dengan Arab Saudi sebuah laporkan menyebutkan.

Israel tetap teguh dalam penolakannya terhadap negara Palestina yang merdeka, sebuah situasi yang dilaporkan telah menekan Gedung Putih untuk membuat rencana untuk sehari setelah Netanyahu.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah menolak tawaran Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS) untuk menormalisasi hubungan dengan kerajaan Arab Saud tersebut, NBC mengutip pernyataan pejabat AS pada 17 Januari.

“Putra mahkota Saudi menawarkan untuk menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai bagian dari perjanjian rekonstruksi Gaza – sebuah perkembangan diplomatik yang telah lama diupayakan Netanyahu – tetapi hanya jika pemimpin Israel setuju untuk memberikan jalan bagi Palestina untuk menjadi negara,” kata para pejabat AS kepada NBC.

Tawaran Saudi tersebut diajukan selama perjalanan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken ke Arab Saudi pekan lalu, yang merupakan bagian dari tur regionalnya yang kemudian mencakup kunjungan ke Israel dan Tepi Barat yang diduduki.

“Netanyahu menolak tawaran tersebut, mengatakan kepada Blinken bahwa dia tidak siap untuk membuat kesepakatan yang memungkinkan terbentuknya negara Palestina,” tambah para pejabat tersebut.

Baca juga: Biden dan Netanyahu Dilaporkan Sudah Tak Lagi Bicara selama 3 Minggu, Terakhir Berantem di Telepon

BERITA TERKAIT

Laporan NBC menyoroti bahwa Washington semakin frustrasi dengan cara Netanyahu menangani perang di Gaza, dan penolakannya untuk mempertimbangkan rencana yang diusulkan AS mengenai apa yang akan terjadi setelahnya.

Netanyahu dan Presiden AS Joe Biden dilaporkan tidak lagi berbicara. Dalam percakapan terakhir mereka pada tanggal 23 Desember, Netanyahu menolak permintaan untuk mentransfer pendapatan pajak Otoritas Palestina (PA) yang ditahan. Sebagai tanggapan, Biden mengatakan “percakapan ini sudah selesai,” dan menutup telepon.

Laporan NBC menambahkan bahwa Blinken mengatakan kepada Netanyahu bahwa tidak ada solusi militer untuk menangani Hamas, menurut para pejabat. Namun, Netanyahu dikatakan tidak bergeming.

Menurut ketiga pejabat tersebut, pemerintahan Biden berupaya untuk menghindari perdana menteri Israel dan mencari solusi dari para pemimpin Israel lainnya. Netanyahu tidak akan berada di sana selamanya, lanjut para pejabat tersebut.

Selama kunjungannya ke Israel, Blinken juga bertemu dengan anggota kabinet perang dan para pemimpin lainnya, termasuk pemimpin oposisi dan mantan perdana menteri Yair Lapid.

Para pejabat yang berbicara dengan NBC mengatakan bahwa Blinken “sengaja” memulai tur regionalnya dengan mengunjungi negara-negara Arab terlebih dahulu, bukan Israel, “untuk menyampaikan proposal Arab pascaperang yang terpadu kepada Netanyahu.”

Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdul Rahman Al-Thani mengatakan pada 16 Januari di Forum Ekonomi Dunia di Davos bahwa Israel telah menolak semua proposal yang diajukan oleh negara-negara Arab untuk mengakhiri perang di Gaza.

“Negara-negara Arab mengusulkan beberapa solusi dan inisiatif terkait Gaza, namun Israel menolak semuanya,” kata Al-Thani di forum tersebut.

Para pejabat Saudi baru-baru ini mengonfirmasi bahwa normalisasi antara Israel dan kerajaan masih didiskusikan.

Namun, kesepakatan tersebut harus mencakup penghentian perang, rekonstruksi Gaza yang didanai Saudi, reformasi pemerintahan yang dipimpin Otoritas Palestina untuk mengambil alih jabatan gubernur Jalur Gaza, dan jalan ke depan bagi negara Palestina – yang semuanya telah disepakati. ditutup oleh pemerintah Israel saat ini.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas