Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Balasan Hizbullah ke Israel atas Tewasnya 2 Petugas Medis: Obrak-abrik Markas IDF di Kiryat Shmona

Hizbullah melancarkan pukulan balasan atas serangan Israel yang secara sengaja menyasar pusat kesehatan di kota Blida di Lebanon selatan.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Balasan Hizbullah ke Israel atas Tewasnya 2 Petugas Medis: Obrak-abrik Markas IDF di Kiryat Shmona
tangkap layar
AMBULANS DIBOM - Sebuah ambulans milik CDH, pusat kesehatan Lebanon, hancur kena bom serangan udara Israel yang secara sengaja menyasar pusat kesehatan di kota Blida di Lebanon selatan, Kamis (23/2/2024). 

Pembalasan Hizbullah atas Kematian 2 Petugas Medis oleh Israel: Obrak-abrik Markas IDF di Kiryat Shmona

TRIBUNNEWS.COM - Kelompok Hizbullah Lebanon dilaporkan melancarkan beberapa serangan terhadap pangkalan-pangkalan Israel.

Serangan-serangan itu dinyatakan Hizbullah sebagai balasan atas serangan Israel yang secara sengaja menyasar pusat kesehatan di kota Blida di Lebanon selatan.

Baca juga: Barak IDF di Kiryat Shmona Dihajar Drone, Israel Ketar-ketir Roket Presisi Hizbullah Hantam Haifa

Serangan Israel pada Kamis (23/2/2024) itu menewaskan dua anggota Pasukan Pertahanan Sipil - Otoritas Kesehatan Islam (CDH) di Lebanon.

Dua paramedis CDH yang terbunuh karena serangan Israel itu adalah Mohammad Yaaqoub Ismail, lahir pada tahun 1994, dari kota Blida, dan Hussein Mohammad Khalil, lahir pada tahun 1997, dari kota Bar Aashit.

Baca juga: Drone Nyelonong ke Halaman Rumah Petinggi Israel, Hizbullah Temukan Celah Terobos Pertahanan IDF

Israel bom ambulans Hizbullah
AMBULANS DIBOM - Sebuah ambulans milik CDH, pusat kesehatan Lebanon, hancur kena bom serangan udara Israel yang secara sengaja menyasar pusat kesehatan di kota Blida di Lebanon selatan, Kamis (23/2/2024).

Bombardir Pusat Kesehatan

Pada saat serangan terjadi, pesawat-pesawat tempur Israel dilaporkan secara langsung menargetkan markas besar organisasi kemanusiaan tersebut dan menghancurkan gedung, peralatan, dan beberapa ambulans.

Kementerian Kesehatan Masyarakat di Lebanon mengutuk agresi tersebut, dan menambahkan serangan berulang terhadap institusi kesehatan ini melanggar hukum dan konvensi internasional.

BERITA TERKAIT

Dalam serangan yang sama, Hizbullah juga menyatakan kalau salah satu pejuangnya, Mohammad Hassan Tarraf, "Ahmad" tewas dalam serangan udara Israel di Blida tersebut.

Warga Israel yang terluka karena serangan roket kelompok Hizbullah Lebanon tiba di sebuah rumah sakit di Kota Safad, wilayah pendudukan utara Israel, 14 Februari 2024. ()
Warga Israel yang terluka karena serangan roket kelompok Hizbullah Lebanon tiba di sebuah rumah sakit di Kota Safad, wilayah pendudukan utara Israel, 14 Februari 2024. () (Photo credit: Flash90)

Balasan Hizbullah, Serangan Dua Fase, Obrak-abrik Markas IDF di Kiryat Shmona

Agresi Israel yang terjadi pada Kamis malam itu segera diikuti oleh pembalasan dari Hizbullah, yang pemimpinnya Sayyed Hassan Nasrallah, berjanji akan merespons setiap agresi terhadap warga sipil dan institusi serta infrastruktur sipil.

Sebagai respons awal Hizbullah, pada pukul 23.30 Kamis malam, para milisi Hizbullah meluncurkan rentetan roket ke arah Barak militer tentara Israel (IDF) di Ma'aleh Golan, di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki Israel.

Sepuluh jam kemudian, Hizbullah mengumumkan serangan lain sebagai tanggapan terhadap agresi Israel di Blida.

Hizbullah mengungkapkan kalau para pejuangnya mengobarak-abrik markas IDF dengan meluncurkan dua drone bunuh diri yang menargetkan markas komando regional militer Israel di "Kiryat Shmona".

Hizbullah menegaskan kalau  kedua drone bunuh diri tersebut benar-benar mengenai sasaran yang mereka tuju.

Warga Lebanon Ramai-ramai Hadiri Prosesi Pemakaman

Sejumlah besar warga Lebanon yang tinggal di kota-kota perbatasan dilaporkan berkumpul di al-Khiam dan Blida untuk mengambil bagian dalam prosesi pemakaman para korban yang tewas dalam serangan Israel pada hari Kamis.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas