Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yoav Gallant: Pengungsi Gaza Tak Boleh Balik ke Gaza Utara kecuali Semua Sandera Israel Dibebaskan

Pengungsi Palestina tidak akan diperbolehkan untuk kembali ke Gaza utara sampai semua sandera israel dibebaskan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Yoav Gallant: Pengungsi Gaza Tak Boleh Balik ke Gaza Utara kecuali Semua Sandera Israel Dibebaskan
Alberto PIZZOLI / AFP
Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berbicara selama konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan AS, di Tel Aviv pada 18 Desember 2023. 

Yoav Gallant: Pengungsi Gaza Tak Boleh Balik ke Gaza Utara kecuali Semua Sandera Israel Dibebaskan

TRIBUNNEWS.COM- Pengungsi Palestina tidak akan diperbolehkan untuk kembali ke Gaza utara sampai semua sandera israel dibebaskan.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant mengatakan pada hari Senin bahwa pemulangan penuh pengungsi ke Jalur Gaza utara tidak akan dilakukan sebelum semua tahanan dibebaskan.




Media Ibrani mengutip Gallant yang mengatakan bahwa posisi lembaga keamanan di Israel tidak mengizinkan kembalinya warga sipil ke Jalur Gaza utara secara penuh, kecuali setelah kembalinya semua sandera Israel yang ditahan di Jalur Gaza.

Dia menekankan bahwa tentara Israel akan melanjutkan perangnya di Jalur Gaza bahkan jika mereka terpaksa melakukan gencatan senjata untuk sementara, dan berkata, “Kami akan kembali berperang sampai sandera terakhir dikembalikan.”

Sebelumnya pada hari Minggu, surat kabar berbahasa Ibrani Yedioth Ahronoth yang beredar luas melaporkan bahwa Israel berusaha mencegah kembalinya para pengungsi di Gaza selatan ke rumah mereka di Jalur Gaza utara dalam beberapa bulan mendatang, dengan mengambil keuntungan dari berlanjutnya kendali tentaranya atas rencana dibangunnya koridor “Netzarim” yang membelah Gaza jadi dua antara lingkungan selatan utara.

Baca juga: Kelaparan Akut Mengintai Pengungsi di Gaza saat Israel Menutup Akses Masuknya Bantuan Kemanusiaan

Surat kabar tersebut menyatakan bahwa “Israel akan menggunakan kendali atas poros Netzarim ini sebagai alat tawar-menawar yang penting dalam proses mengakhiri pertempuran melawan Hamas dan menyerahkan kendali atas wilayah tersebut kepada entitas pemerintah lokal di mana Hamas bukan bagiannya, sebagai syarat untuk menarik diri dari sana dan mengembalikan satu juta warga Gaza ke rumah mereka di Jalur Gaza utara.” ".

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan, “Sekitar 30 hingga 40 persen pejuang Hamas lokal masih aktif di Jalur Gaza utara, menurut perkiraan tentara Israel.”

Dia melanjutkan, “Sementara itu, tentara Israel berusaha untuk mendorong penduduk sipil yang tersisa di wilayah ini untuk pindah ke selatan.”

(Sumber: Sky News Arabia)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas