Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pejabat Hamas Ungkap Bocoran Soal Proposal Negosiasi Gencatan Senjata Jadi Perang Psikologis AS

Bocoran proposal gencatan senjata di Gaza menjadi 'perang psikologis' Amerika Serikat kata para pejuang Hamas.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Pejabat Hamas Ungkap Bocoran Soal Proposal Negosiasi Gencatan Senjata Jadi Perang Psikologis AS
Arab News
Hamas merilis sebuah dokumen yang menuduh Israel melakukan pembunuhan terhadap warga sipil di Gaza. 

Pejabat Hamas Ungkap Bahwa Bocoran Soal Proposal Gencatan Senjata Jadi Perang Psikologis AS

TRIBUNNEWS.COM- Bocoran proposal gencatan senjata di Gaza menjadi 'perang psikologis' Amerika Serikat kata para pejuang Hamas.

Pejabat Hamas Ahmad Abdul Hadi menyatakan pada 27 Februari bahwa bocoran proposal perjanjian gencatan senjata di Gaza adalah bagian dari kampanye "perang psikologis" yang dilakukan oleh AS.




Rincian dugaan proposal tersebut bocor ke Reuters pada hari Senin, hari yang sama ketika Presiden AS Joe Biden mengatakan dia berharap perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Hamas dapat dicapai pada tanggal 4 Maret.

"Penasihat keamanan nasional saya memberi tahu saya bahwa gencatan senjata sudah dekat. Hampir saja. Itu belum selesai. Harapan saya adalah pada Senin depan kita akan melakukan gencatan senjata," klaim Biden saat tampil di pertemuan AS.

Namun Abdul Hadi, perwakilan Hamas di Lebanon, menyatakan bahwa gerakan perlawanan tidak puas dengan usulan tersebut dan tidak akan berkompromi dengan tuntutannya, khususnya mengenai gencatan senjata dan mencapai kesepakatan yang terhormat dan serius.

Baca juga: Hizbullah Lebanon Siap Hentikan Tembakan jika Hamas Setuju Gencatan Senjata dengan Israel di Gaza

Hamas berupaya mengakhiri perang secara permanen dan membebaskan ribuan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel. Israel sedang mengupayakan pembebasan 136 tawanan Hamas di Gaza dan gencatan senjata sementara yang memungkinkan mereka melanjutkan perang setelah jeda.

BERITA TERKAIT

“Kami terbuka terhadap ide apa pun yang diajukan oleh para mediator, namun kami juga ingin mempertahankan tuntutan utama kami,” kata Abdul Hadi kepada Al-Mayadeen, seraya menambahkan bahwa Israel berusaha untuk meminta pertanggungjawaban Hamas atas kegagalan perundingan di kemudian hari, dan berencana menggunakan hal ini sebagai upaya untuk meminta pertanggungjawaban Hamas. Alasan mereka untuk bisa membuka jalan bagi aksi untuk menginvasi Rafah."

Dia mengatakan kebocoran tersebut bukan bagian dari perundingan Paris, melainkan upaya AS dan Israel untuk memberikan ilusi kepada publik bahwa Hamas telah menyetujuinya.

Dia menegaskan kembali bahwa semua yang dibagikan bukanlah hal yang serius, namun sebuah taktik untuk bermanuver dan menekan Perlawanan.

Proposal yang bocor ke Reuters menguraikan rencana gencatan senjata selama 40 hari di mana Hamas akan membebaskan sekitar 40 tawanan – termasuk tentara wanita, mereka yang berusia di bawah 19 tahun atau di atas 50 tahun, dan orang sakit – dengan imbalan sekitar 400 warga Palestina yang ditawan di Israel.

Israel akan menarik pasukannya dari wilayah berpenduduk Gaza. Warga Gaza yang mengungsi, kecuali laki-laki yang sudah cukup umur untuk berperang, akan diizinkan untuk kembali ke rumah mereka. Israel akan diharuskan mengizinkan bantuan kemanusiaan tambahan untuk memasuki Gaza, karena ratusan ribu warga Palestina di jalur tersebut berada di ambang kelaparan.

Jihad Islam Palestina (PIJ) pun menanggapi bocoran proposal Paris. “Kebocoran tersebut merupakan upaya untuk menekan Palestina dan menghasut mereka untuk melakukan perlawanan".

Mereka mendorong gencatan senjata sebelum Ramadhan untuk mengantisipasi apa yang mungkin terjadi di Al-Quds.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas