Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 Syarat Utama Setiap Perjanjian, Termasuk Gencatan Senjata, Penarikan Diri, dan Bantuan bagi Gaza

Negosiasi antara Hamas dan Israel baru-baru ini tidak didasarkan pada pembicaraan terbaru di Paris, melainkan pada dokumen baru.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in 5 Syarat Utama Setiap Perjanjian, Termasuk Gencatan Senjata, Penarikan Diri, dan Bantuan bagi Gaza
tangkaplayar Almayadeen
PERSATUAN NASIONAL - Anggota Brigade Al-Qassam (tengah), sayap militer gerakan pembebasan Palestina, Hamas, dan anggota Brigade Al-Quds, sayap militer PIJ, bersama dalam sebuah pengamanan acara publik. Faksi-faksi perlawanan Palestina dilaporkan tengah mengupayakan terbentuknya persatuan nasional guna menghadapi agresi militer Israel. 

5 Syarat Utama Setiap Perjanjian Termasuk Gencatan Senjata, Penarikan Diri, dan Bantuan bagi Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Negosiasi antara Hamas dan Israel baru-baru ini tidak didasarkan pada pembicaraan terbaru di Paris, melainkan pada dokumen baru.

“Ada lima syarat utama untuk setiap perjanjian: gencatan senjata, penarikan diri, pemulangan pengungsi, pencabutan pengepungan, bantuan bagi warga, dan kesepakatan pertukaran yang terhormat,” kata pemimpin Hamas Mahmoud Mardawi kepada Palestine Today pada 7 Maret.




Israel dilaporkan menjauh dari perundingan di Kairo karena penolakan Hamas untuk memberikan daftar nama tahanan Israel yang masih hidup, menurut Reuters.

Hamas mengatakan hal ini akan sulit dilakukan karena para tahanan tersebar di seluruh Jalur Gaza.

“Penjajah ingin kita membebaskan para tahanan tanpa imbalan apa pun, dan ini tidak mungkin. Negosiasi tidak ada gunanya jika tidak mencapai tuntutan dan kepentingan rakyat kami,” kata pemimpin Hamas Mahmoud Mardawi kepada Palestine Today pada 7 Maret.

“Pendudukan memprioritaskan masalah tahanan; sementara itu, mereka menolak kondisi perlawanan. Jika tawaran datang sesuai dengan kepentingan masyarakat, kami tidak akan menutup pintu bagi mereka.

BERITA TERKAIT

Jika sikap Israel tetap seperti ini, perundingan tidak akan berhasil. Pendirian kelompok perlawanan sudah jelas; jika kepentingan dan tuntutan rakyat kami terpenuhi, tahanan pendudukan akan dibebaskan,” tambah Mardawi.

Mardawi mengatakan sehari sebelumnya, pada tanggal 6 Maret, dalam sebuah wawancara dengan Quds News Network (QNN) bahwa Israel bahkan tidak meminta daftar nama tahanan, dan menuduhnya “menyebarkan kebohongan.”

Dia menambahkan bahwa negosiasi baru-baru ini tidak didasarkan pada pembicaraan terbaru di Paris, melainkan pada “dokumen baru.”

“Ada lima syarat utama untuk setiap perjanjian: gencatan senjata, penarikan diri, pemulangan pengungsi, pencabutan pengepungan, bantuan bagi warga, dan kesepakatan pertukaran yang terhormat,” tambah Mardawi.

Pembicaraan di Kairo gagal karena Israel menolak tuntutan utama Hamas.

Hamas tetap bersikeras untuk mengakhiri perang, penarikan Israel dari Gaza, dan akses bantuan tanpa hambatan

Delegasi Hamas yang mengunjungi Mesir untuk melakukan perundingan gencatan senjata meninggalkan Kairo pada tanggal 7 Maret, dan kelompok perlawanan mengatakan Israel telah menggagalkan upaya untuk mencapai kesepakatan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas