Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Giliran AS Obok-obok Pemerintahan Israel, Petinggi IDF Berontak Anggap Politisi Tel Aviv Tak Cakap

krisis politik di pemerintahan Israel semakin dalam di tengah munculnya gelombang kritik dan pemberontakan petinggi militer Israel (IDF).

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Giliran AS Obok-obok Pemerintahan Israel, Petinggi IDF Berontak Anggap Politisi Tel Aviv Tak Cakap
Tangkap Layar/JN
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dilaporkan makin kehilangan dukungan dari Amerika Serikat, tentara Israel (IDF), dan warganya sendiri seiring berlanjutnya agresi militer Israel ke Gaza yang sudah berlangsung lebih dari 5 bulan. 

Giliran AS Obok-obok Pemerintahan Israel, Petinggi IDF Berontak Anggap Politisi Tel Aviv Tak Cakap

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth, mengutip sumber-sumber politik, baru-baru ini mengabarkan krisis politik di pemerintahan Israel semakin dalam di tengah munculnya gelombang kritik dan pemberontakan petinggi militer Israel (IDF).

Ulasan itu mengatakan, sejumlah perkiraan menunjukkan Kabinet Perang Israel yang ada saat ini kemungkinan tidak akan melanjutkan pemerintahannya.

Dengan kata lain, terjadi tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya perubahan struktur di pemerintahan Israel di tengah Perang Gaza yang sudah berlangsung lebih dari lima bulan tersebut.

Baca juga: Bukan Cuma Gaza yang Jadi Puing-puing, Dua Pilar Utama Israel Juga Runtuh Karena Perang Lawan Hamas

Ulasan itu menjelaskan, satu di antara terjadinya perubahan itu ditunjukkan adanya kabar, seorang komandan militer Israel menyatakan bahwa politisi Tel Aviv 'tidak memenuhi standar yang layak diterima oleh para prajurit.'

Surat kabar itu menambahkan, dengan mengutip sumber-sumber politik ini, kalau perubahan politik yang signifikan diperkirakan akan terjadi di tengah krisis antara Menteri Perang Benny Gantz dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Baca juga: Kabinet Perang Pecah! Netanyahu Perintahkan Kedubes Israel di AS Agar Tak Ladeni Benny Gantz

Selain itu, surat kabar tersebut menyebutkan, pemerintah Israel berencana menutup Kementerian Intelijen, dan keputusannya mungkin akan diambil pada Minggu depan, Jo24 melaporkan.

Unit Shaldag IDF satu di antara pasukan khusus Israel dari matra angkatan udara saat berlatih dalam simulasi penyerbuan.
Unit Shaldag IDF satu di antara pasukan khusus Israel dari matra angkatan udara saat berlatih dalam simulasi penyerbuan. (times of Israel)

Serangan dan Kritik Militer IDF Terhadap Politisi

BERITA REKOMENDASI

Pada catatan lain, ulasan itu menyebut, komandan Divisi 98 Angkatan BErsenjata Israel menyerukan persatuan politik, menekankan kalau politisi Israel saat ini tidak memenuhi kebutuhan tentara yang kehilangan nyawa mereka di Gaza.

Dalam pernyataannya, sang komandan menyatakan kegagalan Israel pada 7 Oktober 2023 berdampak buruk bagi mereka.

Lebih lanjut, stasiun radio Angkatan Darat Israel melaporkan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah diberi pengarahan sebelumnya tentang pernyataan yang dibuat oleh komandan Divisi ke-98 tersebut.

Disebutkan juga, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Israel, Herzi Halevi akan mendiskusikan kritik terhadap politisi bersama komandan yang menunjukkan gelagat pemberontakan tersebut.

Meskipun Channel 12 di Israel -mengutip Menteri Dalam Negeri Israel yang menerima pernyataan komandan tersebut dengan serius- menyatakan perlunya mengatasi perpecahan, juru bicara militer IDF mengklarifikasi bahwa pernyataan komandan tersebut tidak disetujui oleh atasannya dan dia akan dipanggil untuk klarifikasi.

Kolase foto Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan)
Kolase foto Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) (Kolase Tribunnews/AFP)

Runtuhnya Pilar Politik dan Keamanan Israel, AS Ikut Cawe-cawe

Mengenai konsekuensi politik dan keamanan setelah tanggal 7 Oktober, Perusahaan Penyiaran Israel, KAN melaporkan kalau kepala departemen penelitian Angkatan Bersenjata Israel mengumumkan niatnya untuk mundur setelah menyelesaikan penyelidikan atas serangan 7 Oktober.

Sebagai informasi, penyelidikan itu untuk mengetahui secara menyeluruh kelemahan-kelemahan internal IDF sehingga operasi Banjir Al-Aqsa oleh Hamas bisa sukses besar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas