Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komando Pusat AS: Kapal Tanker China Terbakar Kena Rudal Balistik Houthi, Yaman Salah Sasaran?

Houthi dilaporkan pusat komando AS menyerang Kapal Tanker China di Laut Merah. Hotuhi sebelumnya berjanji kapal-kapal Rusia dan China aman melintas

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Komando Pusat AS: Kapal Tanker China Terbakar Kena Rudal Balistik Houthi, Yaman Salah Sasaran?
india.com
ILUSTRAIS - Sebuah kapal yang dikabarkan berkepemilikan Israel terbakar setelah mendapat serangan rudal Houthi. 

Komando Pusat AS: Kapal Tanker China Terbakar di Laut Merah Kena Rudal Balistik Houthi

TRIBUNNEWS.COM - Komando Pusat Amerika Serikat (USCENTCOM) mengklaim sebuah kapal tanker minyak milik Tiongkok diserang di lepas pantai Yaman oleh rudal balistik yang ditembakkan oleh milisi Houthi.

Kapal tanker yang dimaksud adalah Kapal Huang Pu yang berbendera Panama, dimiliki dan dioperasikan oleh Tiongkok.

"Kapal tersebut mengeluarkan panggilan darurat pada hari Sabtu tetapi tidak meminta bantuan," kata Komando Pusat AS (CENTCOM) dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X pada hari Minggu pagi dilansir South China Morning Post.

Baca juga: Sekadar Pesawat Isi Bensin Pun Tak Boleh, Arab Saudi Larang AS Pakai Wilayahnya untuk Serang Houthi

“Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, dan kapal kembali melanjutkan perjalanannya,” kata pernyataan itu.

Kelompok Yaman yang disebut-sebut Barat mendapat dukungan Iran itu diketahui menguasai sebagian besar pantai Laut Merah Yaman.

Houthi, selama agresi militer Israel ke Gaza dalam beberapa bulan terakhir, telah melancarkan puluhan serangan rudal dan drone terhadap kapal-kapal yang melintas di Luat Merah, tindakan yang mereka katakan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

BERITA TERKAIT

Houthi menegaskan, hanya menyerang kapal-kapal berentitas Israel, dari dan menuju pelabuhan negara pendudukan.

Belakangan, Houthi memperluas cakupannya terhadap kapal-kapal AS, Inggris, Prancis, dan sekutu Barat lainnya serta memperlebar jangkauan serangan ke rute Tanjung Harapan, Afrika, dan Samudera Hindia.

Baca juga: Houthi Perluas Operasi ke Samudera Hindia dan Tanjung Harapan: Kapal Israel Pacific 01 Kena Hajar

TENGGELAM - Kondisi Kapal Kargo Rubymar asal Inggris yang sudah tenggelam separo badan karena terkena rudal balistik Houthi di Teluk Aden.
TENGGELAM - Kondisi Kapal Kargo Rubymar asal Inggris yang sudah tenggelam separo badan karena terkena rudal balistik Houthi di Teluk Aden. (tangkap layar twitter)

Houthi Belum Beri Penjelasan, Salah Sasaran?

Terkait serangan ke Kapal Tanker China tersebut, CENTCOM dan Operasi Perdagangan Laut Inggris (UKMTO) Angkatan Laut Inggris mengatakan kebakaran terjadi di atas kapal tetapi dapat dipadamkan dalam waktu 30 menit.

Situs web pelacakan Marinetraffic kemudian mengarahkan kapal tersebut keluar dari Laut Merah menuju Teluk Aden menuju pelabuhan berikutnya, menurut badan keamanan maritim Ambrey, adalah New Mangalore di India.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, yang menurut UKMTO terjadi di 23 mil laut sebelah barat pelabuhan Mokha di Yaman.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang terafiliasi Houthi, Yahya Saree belum memberi keterangan terkait klaim USCENCOM yang menuding mereka di balik serangan ke Kapal China tersebut.

CENTCOM mengatakan Houthi telah meluncurkan empat rudal balistik anti-kapal di Laut Merah dekat Huang Pu sebelum rudal kelima menghantam kapal tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas