Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pejabat Rusia Sekaligus Sekutu Dekat Putin Yakin Ukraina Terlibat dalam Serangan Teror di Moskow

Pejabat Rusia sekaligus sekutu dekat Presiden Vladimir Puitn, Nikolai Patrushev juga meyakini bahwa Ukraina terlibat dalam serangan teror di Moskow.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Pejabat Rusia Sekaligus Sekutu Dekat Putin Yakin Ukraina Terlibat dalam Serangan Teror di Moskow
Tangkap Layar Twitter/X
Sekretaris Dewan Keamanan Rusia dan sekutu dekat Presiden Vladimir Putin, Nikolai Patrushev. Sekretaris Dewan Keamanan Rusia sekaligus sekutu dekat Presiden Vladimir Puitn, Nikolai Patrushev juga meyakini bahwa Ukraina terlibat dalam serangan teror di Moskow pada Jumat (22/3/2024) kemarin. 

TRIBUNNEWS,COM - Sekretaris Dewan Keamanan Rusia sekaligus sekutu dekat Presiden Vladimir Putin, Nikolai Patrushev, juga meyakini bahwa Ukraina terlibat dalam serangan teror di Moskow pada Jumat (22/3/2024) kemarin.

Media SHOT menerbitkan sebuah video percakapan singkat ketika reporter bertanya kepada Patrushev.

"ISIS atau Ukraina," tanya reporter itu sembari berjalan di sisi pejabat itu.

"Tentu saja Ukraina," jawab Patrushev.

Acara konser yang menampilkan band rock Picnic terpaksa harus dibubarkan karena teroris menyerbu gedung, Al Arabiya melaporkan.

Rentetan tembakan dilepaskan oleh penyerang yang mengenakan seragam kamuflase.

Teroris bahkan meledakkan granat hingga membuat gedung konser terbakar.

BERITA TERKAIT

Sedikitnya, 137 orang dilaporkan tewas dalam serangan tersebut, dikutip dari The Guardian.

Dilansir AP News, dua hari setelah afiliasi ISIS di Afghanistan mengaku bertanggung jawab atas serangan gedung konser, Putin buka suara.

Dalam sebuah pertemuan yang disiarkan televisi, Putin menuding kelompok Islam radikal mendalangi serangan di gedung konser Balai Kota Crocus Moskow.

Putin juga menyatakan bahwa ada keterlibatan Ukraina di balik serangan teror itu meski telah dibantah oleh pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Baca juga: Putin Tuding Kelompok Islam Radikal Otaki Serangan Gedung Konser: Mereka Mencoba Kabur ke Ukraina

"Kita tahu bahwa kejahatan tersebut dilakukan oleh kelompok Islam radikal, yang ideologinya diperjuangkan oleh dunia Islam selama berabad-abad," ucap Putin dalam 

Putin melanjutkan bahwa kekejaman yang terjadi Jumat lalu, hanya sebuah rangkaian dari serentetan upaya teroris, yang telah meneror Rusia sejak 2014.

Pemandangan yang menunjukkan gedung konser Balai Kota Crocus yang terbakar setelah insiden penembakan di Krasnogorsk, di luar Moskow, pada 22 Maret 2024. Orang-orang bersenjata melepaskan tembakan di gedung konser di pinggiran kota Moskow pada 22 Maret 2024, menyebabkan tewas dan terluka sebelum kebakaran besar menyebar ke seluruh gedung, wali kota Moskow dan kantor berita Rusia melaporkan.
Pemandangan yang menunjukkan gedung konser Balai Kota Crocus yang terbakar setelah insiden penembakan di Krasnogorsk, di luar Moskow, pada 22 Maret 2024. Orang-orang bersenjata melepaskan tembakan di gedung konser di pinggiran kota Moskow pada 22 Maret 2024, menyebabkan tewas dan terluka sebelum kebakaran besar menyebar ke seluruh gedung, wali kota Moskow dan kantor berita Rusia melaporkan. (STRINGER / AFP)

"Tentu saja, pertanyaan 'mengapa setelah melakukan kejahatan, para teroris mencoba kabur ke Ukraina?' Siapa yang menunggu mereka di sana' perlu dijawab," lanjut Putin.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas