Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dibela Mati-matian oleh Netanyahu, Apa Itu Batalion Netzah Yehuda Israel yang akan Dihukum AS?

Apa itu batalion Netzah Yehuda Israel yang akan dihukum AS? Netzah Yehuda dibela mati-matian oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Dibela Mati-matian oleh Netanyahu, Apa Itu Batalion Netzah Yehuda Israel yang akan Dihukum AS?
MENAHEM KAHANA / AFP
Tentara Israel berduka saat pemakaman kawan Max Steinberg pada 23 Juli 2014 di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem. -- Mengenal Batalion Netzah Yehuda Israel yang akan dihukum AS. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) berencana menjatuhkan sanksi terhadap batalion Netzah Yehuda yang merupakan bagian dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Media AS, Axios, mengatakan batalion Netzah Yehuda Israel yang beroperasi di Tepi Barat dilaporkan atas pembunuhan warga Palestina tanpa alasan yang jelas.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menanggapi berita itu dengan membela batalion Netzah Yehuda.




“Jika ada yang percaya bahwa dia dapat menjatuhkan sanksi pada batalion mana pun di IDF, saya akan menghadapi mereka dengan sekuat tenaga," kata Netanyahu melalui akun media sosial X, Senin (22/4/2024).

Sementara itu, IDF membenarkan batalion Netzah Yehuda adalah batalion tempur aktif dan mengklaim mereka beroperasi sesuai prinsip hukum internasional.

"Setelah apa yang dipublikasikan tentang pengenaan sanksi terhadap batalion tersebut, tentara tidak mengetahui masalah ini. Jika keputusan dibuat mengenai hal ini, maka akan ditinjau," kata IDF dalam pernyataannya, Senin.

"Tentara sedang bekerja dan terus bekerja untuk menyelidiki setiap kejadian yang tidak biasa dengan cara yang praktis dan sesuai dengan hukum," lanjutnya, dikutip dari Anadolu.

Batalion Netzah Yehuda

BERITA TERKAIT

Batalion Netzah Yehuda adalah bagian dari IDF yang didirikan pada 1999 sebagai batalion militer khusus untuk Yahudi ultra-Ortodoks.

Seluruh tentara dan perwira Netzah Yehuda adalah laki-laki.

Sebelumnya, Netzah Yehuda bernama Nahal Haredi, yang merupakan bagian dari Brigade Kfir.

Netzah Yehuda memungkinkan pria Yahudi Haredi untuk bertugas sebagai tentara tempur di militer sambil menjunjung tinggi keyakinan agama mereka.

Baca juga: Lawan AS, Netanyahu Bakal Menentang Sanksi atas Dugaan Pelanggaran HAM oleh Militer Israel

Yahudi Haredi adalah penganut Yahudi Ortodoks.

Saat ini, Netzah Yehuda memiliki lebih dari 1.000 tentara.

Batalion Netzah Yehuda menjadi tujuan para pemukim ekstremis sayap kanan yang belum diterima di batalion tempur lain mana pun di tentara Israel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas