Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

OKI Kecam Aksi Genosida Israel di Gaza, Desak 57 Anggotanya untuk Jatuhkan Sanksi

OKI mengecam genosida Israel di Gaza, mendesak dijatuhkannya sanksi terhadap rezim

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in OKI Kecam Aksi Genosida Israel di Gaza, Desak 57 Anggotanya untuk Jatuhkan Sanksi
Instagram @oic.oci
KTT ke-15 OKI, 4-5 Mei 2024 

TRIBUNNEWS.COM - Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengecam keras aksi genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza.

OKI mendesak 57 negara anggotanya untuk menjatuhkan sanksi terhadap rezim tersebut, PressTV melaporkan.

OKI menyampaikan seruan tersebut di hari terakhir pertemuan puncak ke-15 organisasi tersebut di ibu kota Gambia, Banjul, Minggu (5/5/2024) malam waktu setempat.

Resolusi yang dibuat OKI menyerukan semua negara anggota untuk menjatuhkan sanksi terhadap Israel, dan mulai dengan menghentikan ekspor senjata dan amunisi yang digunakan oleh tentaranya untuk melakukan kejahatan genosida di Gaza.

Resolusi tersebut juga mendesak para anggotanya untuk melakukan tekanan diplomatik, politik dan hukum dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan kejahatan pendudukan kolonial Israel.

Organisasi tersebut juga menyerukan gencatan senjata segera, permanen dan tanpa syarat di wilayah Palestina yang dilanda perang.

Saat berpidato di pertemuan itu pada hari Sabtu (4/5/2024), Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mendesak negara-negara Muslim untuk memutuskan semua hubungan dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian (kanan) berbicara saat konferensi pers dengan mitranya dari Afrika Selatan Naledi Pandor (tidak dalam gambar) di Teheran pada 22 Oktober 2023.
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian (kanan) berbicara saat konferensi pers dengan mitranya dari Afrika Selatan Naledi Pandor (tidak dalam gambar) di Teheran pada 22 Oktober 2023. (ATTA KENARE / AFP)
BERITA REKOMENDASI

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan tekanan pada Israel agar mengakhiri perang genosida yang sedang berlangsung di Gaza.

“Tidak diragukan lagi, pemutusan hubungan diplomatik dan ekonomi serta senjata dan embargo perdagangan terhadap Israel berfungsi sebagai cara penting untuk menghentikan genosida di Gaza dan kekejaman di Tepi Barat dan Bangsawan al-Quds,” katanya.

Menekankan bahwa Israel bukanlah pemerintah yang sah, Abdollahian menyebut rezim tersebut sebagai kekuatan apartheid yang melakukan pendudukan.

"Berjalannya waktu tidak akan memberikan legitimasi kepada kekuatan pendudukan," tambahnya.

Genosida Israel di Gaza telah menewaskan 34.683 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Baca juga: Menlu Iran di Rapat OKI: Mengandalkan AS untuk Hentikan Genosida Israel di Gaza Adalah Khayalan

Selain itu 78.018 lainnya terluka sejak dimulai awal Oktober lalu.

Meskipun pertumpahan darah dan kehancuran terus terjadi, rezim tersebut sejauh ini gagal mewujudkan tujuannya, termasuk mengalahkan kelompok perlawanan Gaza, memaksa seluruh penduduk Gaza untuk pindah ke negara tetangga, Mesir, dan membebaskan mereka yang ditawan selama Operasi Badai al-Aqsa.

Daftar Anggota OKI

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas